BPN Agam Adakan Layanan Sitawa Sidingin


Rabu, 27 September 2017 - 18:13:11 WIB
BPN Agam Adakan Layanan Sitawa Sidingin Kepala Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Agam, Yulizar Yakub, saat besama pegawai di depan Kantor BPN b Agam. 

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Agam, mengadakan layanan sitawa  Sidingin, bagi tanah wakaf, yang diperuntukan bagi masyarakat. Layanan ini merupakan rangkaian dari HUT Agraria dan Tata Ruang ke 57.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Agam, Dr Yulizar Yakub, Rabu mengatakan, dalam menyemarakkan hut Agraria pihaknya banyak membuka layanan serta inovasi. Salah satunya adalah Sertifikat tanah sertifikat yang diinginkan atau layanan sitawa sidingin.

Ia menjelaskan, melalui pelayanan tersebut BPN membantu masyarakat dalam melegaliasasi tanah wakaf yang diperuntukan bagi tempat ibadah, sekolah dan sejenisnya. Langkah ini merupakan upaya pengamanan aset yang sudah diwakafkan.

Ditambahkannya, dari pengalaman  tidak sedikit tanah wakaf, yang kembali dipersoalkan oleh ahli waris setelah pemilik memberikan tanah itu sebagai wakaf untuk kepentingan umat. Kondisi itu diperlukan antisipasi, BPN menyediakan layanan itu saat ini.

"Kadang ada juga tanah yang sudah diwakafkan, diminta kembali oleh ahli waris. Keadaan itu tentunya menggangu, sementara pada tanah itu sudah berdiri bangunan untuk kepentingan umat Islam, seperti mesjid," jelasnya. 

Setelah dilakukan legalisasi terhadap tanah, ahli waris tidak bisa menuntut, atau berkilah jika tanah itu milik mereka. Inovasi ini juga bekerjasama dengan Kemenag, Kabupaten Agam sekaitan lokasi serta pihak yang terkait lainnya. 

" Secara umum kita banyak melalukan layanan pada hut ini, untuk pagi rabu ini kita juga melakukan kegiatan, olahraga bersama, kegiatan solidaritas juga ada seperti memberikan bantuan kepada korban banjir di Solok, Selatan," jelasnya. (h/yat)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 12:55:24 WIB

    Pemkab Padang Pariaman dan BPN Teken MoU Integrasi Sertifikat dan Aset

    Pemkab Padang Pariaman dan BPN Teken MoU Integrasi Sertifikat dan Aset HARIANHALUAN.COM - Pemkab Padang Pariaman menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman tentang pensertifikatan tanah, penanganan permasalahan aset dan pengintegrasian data pertanahan .
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 12:23:05 WIB

    Sekdakab Aset Jadi Hambatan Pemeriksaan BPK, Pemkab Kerjasama BPN

    Sekdakab Aset Jadi Hambatan Pemeriksaan BPK, Pemkab Kerjasama BPN HARIANHALUAN.COM - Menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK RI beberapa waktu lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) gerak cepat dengan menjalin kerjasama dengan kantor Agraria Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasi.
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 22:42:00 WIB

    Pemkab Agam Tandatangani MoU Kerja Sama dengan BPN

    Pemkab Agam Tandatangani MoU Kerja Sama dengan BPN HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam menandatangani perjanjian kerja sama (MOU) dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Agam di ruang Rapat Kantor Bupati Agam. .
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 11:27:38 WIB

    Terobosan Baru, Bansos Rastra di Dharmasraya Bertransformasi Menjadi BPNT

    Terobosan Baru, Bansos Rastra di Dharmasraya Bertransformasi Menjadi BPNT DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Dharmasraya mulai saat ini akan disalurkan secara non tunai. Sebab pemerintah daerah telah melakukan transformasi penyaluran rastra menjadi Ban.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:30:05 WIB

    UPT BPNB Revitalisasi Nilai Tradisional Minangkabau

    UPT BPNB Revitalisasi Nilai Tradisional Minangkabau Arosuka, Haluan — Untuk menjaga kelestarian budaya dan nilai-nilai tra­disional masyarakat, Balai pelestarian nilai budaya Sumbar akan terus me­laku­kan revitalisasi ter­hadap kesenian tradisi yang tum­buh dan berkemb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]