Sidang Perusakan Terumbu Karang di Kawasan Wisata Suwarnadwipa, PH Terdakwa Sebut Dakwaan JPU Kabur


Rabu, 27 September 2017 - 19:32:37 WIB
Sidang Perusakan Terumbu Karang di Kawasan Wisata Suwarnadwipa, PH Terdakwa Sebut Dakwaan JPU Kabur Sidang kasus perusakan terumbu karang oleh direktur Suwarnadwipa di PN Padang, Rabu (27/9). YUHENDRA

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Amiziduhu Mendrofa selaku Penasihat Hukum (PH) terdakwa mantan Direktur Utama PT Suwarnadwipa Wisata Mandiri, Irawan Gea menilai dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), tidak lengkap dan kabur terkait dugaan perusakan terumbu karang.

Hal ini disampaikan Mendrofa dalam sidang lanjutan kasus dugaan perusakan terumbu karang di kawasan wisata Suwarnadwipa dengan agenda pembacaan eksepsi, di Pengadilan Negeri kelas 1A Padang, Rabu (27/9).

Menurutnya, JPU tidak menjalankan perintah Undang-Undang nomor 8 tahun 1981 tentang KUHAP, yaitu tidak menyerahkan berkas perkara secara lengkap, kepada terdakwa ataupun PH pada saat yang bersamaan dengan pelimpahan perkara ke Pengadilan.

"Dalam dakwaan JPU juga tidak menguraikan hari dan tanggal terjadinya tindak pidana yang didakwakan terdakwa. Tidak hanya itu, JPU juga tidak menguraikan apakah tindak pidana malam hari atau siang hari. Dengan demikian, surat dakwaan JPU tersebut boleh dikatakan tidak jelas, tidak cermat, tidak lengkap dan kabur," kata Mendrofa.

Lebih lanjut, Mendrofa menjelaskan perbuatan terdakwa dan pasal yang didakwakan oleh JPU telah salah dalam penerapan hukum. Seharusnya, JPU mendakwa terdakwa dengan perbuatan yang diatur dan diancam pidana sesuai dengan ketentuan pasal 35 jo pasal 73 ayat 1 Undang-Undang Nomor 27 tahun 2017 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau pulau kecil.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 23:06:20 WIB

    Panas! Trump-Xi Jinping Perang Kata di Tengah Sidang Umum PBB

    Panas! Trump-Xi Jinping Perang Kata di Tengah Sidang Umum PBB HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping perang kata di Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Trump menyalahkan China atas merebaknya pandemi Corona, sedangkan Xi J.
  • Rabu, 23 September 2020 - 08:05:19 WIB

    Pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi Suarakan Kemerdekaan Palestina

    Pidato di Sidang Umum PBB, Jokowi Suarakan Kemerdekaan Palestina HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Jokowi menyampaikannya saat berpidato untuk pertama kalinya di Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 Perserikatan Bangsa.
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 10:59:12 WIB

    Novel Baswedan Beberkan Teror Air Keras di Sidang PBB

    Novel Baswedan Beberkan Teror Air Keras di Sidang PBB ABU DHABI, HARIANHALUAN.COM - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, menghadiri rangkaian konferensi negara-negara pihak penandatanganan konvensi PBB melawan korupsi atau Conference of State Parties (CoS.
  • Senin, 09 Desember 2019 - 23:11:58 WIB

    Sidang Genosida Muslim Rohingya Digelar Besok, Aktivis HAM: Boikot Myanmar!

    Sidang Genosida Muslim Rohingya Digelar Besok, Aktivis HAM: Boikot Myanmar! DEN HAAG, HARIANHALUAN.COM- Para aktivis hak asasi manusia (HAM) internasional serta pendukung muslim Rohingya, menyerukan boikot global terhadap Myanmar, menjelang sidang di Pengadilan Internasional (ICJ) di Den Haag, Beland.
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 23:06:23 WIB

    Mantan Kepala SMA 1 Sungai Limau Jalani Sidang Perdana Kasus Pungli

    Mantan Kepala SMA 1 Sungai Limau Jalani Sidang Perdana Kasus Pungli PADANG, HARIANHALUAN.COM – Diduga melakukan tindak pidana berupa pungutan liar (pungli), terhadap para siswa kelas 12, mantan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Zulkaram (52.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]