PETUGAS BONGKAR LAPAK

150 PKL Mulai Tempati Pasar Siteba


Kamis, 28 September 2017 - 02:32:06 WIB
150 PKL Mulai Tempati Pasar Siteba BONGKAR LAPAK--Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang tengah membantu pembongkaran dan pemindahan Lapak pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di teras di Pasar Nanggalo, Rabu (27/9). Para pedagang yang biasanya berjualan di bawah, mulai hari ini telah di pindahkan ke dalam dan lantai dua. (huda putra)

PADANG, HALUAN ­– Sebanyak 150 pedagang di sepanjang trotoar dan tepi jalan Pasar Nanggalo Siteba, dipindahkan ke bangunan pasar yang sudah selesai dibangun, Rabu (27/9).

Pemindahan dilakukan oleh tim gabungan Dinas Perdagangan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan dibantu oleh puluhan pedagang di area tersebut.

Pantauan Haluan, di lapangan terlihat sejumlah petugas membuka lapak dagangan yang berada di pelataran parker dan tepi jalan. Lapak tersebut dibuka dan dibersihkan hingga depan pasar tersebut bisa digunakan sebagai pelataran parkir nantinya.

 Tidak ada penolakan atau insiden berarti dalam pembongkaran. Petugas maupun pedagang bekerjasama dalam pembongkaran dan pemindahan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal menyebutkan, intruksi pembongkaran serta penataan sebelumnya sudah diberitahukan kepada pedagang. Selain itu, sebelumnya pedagang tersebut juga sudah diperbolehkan menata dan berbenah tempat yang baru setelah diloting.

“Penataan ini berjalan lancar dan tidak ada penolakan ataupun tindak kekerasan. Semua pihak mendukung dengan baik. Namun, jika ada barang material pedagang yang tidak ada penanggungjawabnya maka sementara kita bawa ke gudang dulu,” ujarnya.

Dikatakannya, pedagang mulai hari ini sudah bisa menempati tempat yang baru yaitu di lantai dasarr dan lantai 1. Di pelataran parker tidak diperbolehkan lagi pedagang berjualan. Jika kedapatan berjualan maka akan diberikan sangsi sesuai dengan yang telah disepakati bersama.

“Pedagang yang mengisi lantai dasar dan lantai 1 tersebut bervariasi. Baik itu dari pedagang harian maupun pedagang sembako. Ada juga pedagang P&D, pedagang daging sapid an daging ayam. Semuanya sudah kita tata sesuai loting beberapa waktu yang lalu,” tambahnya.

Endrizal mengatakan, dalam waktu satu minggu ke depan akan melakukan pemantauan. Bagi pedagang yang tidak mengisi tempat yang sudah disepakati maka akan dilelang kembali dan diisi oleh pedagang lain yang membutuhkan.

“Yang mengisi tempat tersebut harus pedagang tersebut. Tidak boleh disewakan kembali ataupun dibiarkan kosong begitu saja. jika ada kedapatan maka akan kita tindak lanjuti kembali. Semoga dengan aturan ini bisa menjadikan Kota Padang ini kembali rapi, bersih dan indah,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang Ani (35) yang sedang membersihkan tempat dagangannya mengaku senang dengan penataan tersebut. Sebelumnya ia berjualan berpindah-pindah. Sekarang ia sudah mendapatkan tempat di lantai 1 dan siap berjualan kebutuhan sembako.

“Semoga dengan penataan ini Pasar Siteba yang selama ini dikenal semrawut dan menyebabkan macet bisa berubah. Tempat parkir sudah ada, otomatis aliran transportasi akan stabil. (h/win)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 09:03:23 WIB

    Peduli Dampak Covid-19, Regina Eye Center Bersinergi dengan ACT Bagikan 150 Paket Sembako Tahap II

    Peduli Dampak Covid-19, Regina Eye Center Bersinergi dengan ACT Bagikan 150 Paket Sembako Tahap II HARIANHALUAN.COM - Rumah Sakit Khusus Mata (RSKM) Regina Eye Center bersinergi dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Padang kembali melakukan aksi sosial berupa membagikan 150 paket sembako tahap II kepad.
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 19:43:56 WIB

    Regina Eye Center Bersinergi dengan ACT Bagikan 150 Paket Sembako

    Regina Eye Center Bersinergi dengan ACT Bagikan 150 Paket Sembako HARIANHALUAN.COM - Rumah Sakit Khusus Mata (RSKM) Regina Eye Center bersinergi dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Padang untuk membagikan 150 paket sembako kepada warga yang terdampak pandemi covid-19 .
  • Senin, 10 April 2017 - 10:19:41 WIB

    Imigrasi Hanya Mampu Layani 150 Pemohon Per Hari

    PADANG, HALUAN – Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang, Esti Winahyu Nur Handayani, mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang hanya mampu menampung 150 orang pengajuan paspor per harinya. Sementara pengajuan untuk pembuata.
  • Rabu, 04 Januari 2017 - 13:36:02 WIB

    Padang ‘Pecat’ 150 Relawan Kebersihan

    Padang ‘Pecat’ 150 Relawan Kebersihan PADANG, HALUAN — Pada akhir tahun 2016 lalu, Kota Padang punya 350 orang relawan kebersihan. Mereka tersebar di 11 kecamatan. Dari jumlah sebanyak itu, hampir 50 persennya dirumahkan..
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 01:22:31 WIB

    150 Anak Korban Kekerasan Direhabilitasi

    150 Anak Korban Kekerasan Direhabilitasi PADANG, HALUAN — Sebanyak 150 orang anak korban kekerasan, beserta orangtua dan sejumlah lembaga mendapatkan reha­bilitasi sosial korban kekerasan dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPRKB) Sumbar..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]