Mendagri : Kepala Daerah Jangan Bertengkar


Kamis, 28 September 2017 - 10:29:56 WIB
Mendagri : Kepala Daerah Jangan Bertengkar Mendagri

PADANG, HARIANHALUAN.COMDalam pertemuannya dengan kepala daerah se-Sumatra Barat di Auditorium Gubernuran, Rabu (27/9), Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menyingung soal keharmonisan hubungan kepala daerah. Ia menyarankan kepala daerah dan wakilnya untuk memahami tugas dan fungsi masing-masing agar tidak bertengkar.

Tjahjo mengutarakan, tanggung jawab dan tugas kepala daerah dan wakilnya diatur dengan jelas dalam UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam UU itu disebutkan, wakil bertugas membantu kepala daerah dalam melaksanakan pemerintahan. Ia mencontohkan, jika bupati naik haji, wakil bupati tidak boleh bertindak di luar tugas pokok dan fungsinya.

Banyak kepala daerah pecah kongsi dengan, kata Tjahjo, karena tidak memahami fungsi dan tugasnya. Seperti polemik yang terjadi di Limapuluh Kota, yang wakil bupatinya melantik sekda ketika bupati naik haji.

“Dari presiden hingga bupati dan wali kota, posisi wakil, ya, wakil. Wakil harus menunggu perintah, tidak boleh meminta bagian. Wakil tidak bisa menggantikan posisi bupati atau wali kota, terutama soal kebijakan. Wakil harus bekerja sesuai dengan yang diminta bupati atau wali kota,” ujarnya.

Meski banyak kepala daerah pecah kongsi, Tjahjo mengatakan tidak ada penegasan, seperti sanksi, dari pemerintah kepada kepala daerah yang pecah kongsi untuk mengantisipasi pecah kongsi.

“Ini soal etika dan tata krama kepala daerah dan wakilnya saja,” tuturnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, dalam banyak kesempatan mengingatkan kepala daerah di Sumbar untuk menjaga kekompakan karena keakuran hubungan kepala daerah berdampak terhadap pembangunan.

Baru-baru ini, saat melantik wali kota dan wakil wali kota Payakumbuh, Irwan mengatakan, kepala daerah pecah kongsi karena tidak adanya sikap profesional dan keinginan untuk mempertahankan kebersamaan kepala daerah dan wakilnya.

“Masing-masing telah memiliki peran dan tanggung jawab berbeda. Kalau wali koya paham tugasnya dan wakil wali kota mengerti posisinya, semua akan berjalan aman,” ucapnya. (h/dib)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]