Sosialisasi 4 Pilar, Leonardy Gandeng PWI


Kamis, 28 September 2017 - 10:33:12 WIB
Sosialisasi 4 Pilar, Leonardy Gandeng PWI Leonardy Harmainy. Foto Pariaman Today

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang bekerja sama dengan Persatian Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, gelar Sosialisi Empat pilar Kebangsaan di Auditorium RRI Padang, Selasa (26/9). Kegiatan ini diharapkan dapat  mencegah adanya pengaruh-pengaruh negatif dari luar.

Dalam sosialisasi tersebut turut hadir narasumber yang berkompeten didalamnya yaitu, Kolonel Inf Muhammad Asep Afandi selaku Kasi Ter Rem 032/Wbr dari TNI, Sufyarma Marsidin adalah Guru Besar Manajemen Pendidikan UNP dan Asisten 1 Setda Provinsi Sumbar Devi Kurnia.

Anggota DPD RI asal Sumbar, Leonardy Harmainy merupakan mengatakan, Sosialisasi empat pilar secara umum dilaksanakan untuk masyarakat. Namun, menurut Leinardy wartawan adalah garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat, karena itu pihaknya menggelar kegiatan ini dengan PWI.

"Selain itu kita melihat wartawan juga memiliki peranan untuk mengawal bangsa ini dari pengaruh-pengaruh dari luar. Artinya, kegiatan ini sangat efektif jika ditujukan kepada PWI secara keseluruhannya," kata senator asal sumbar ini.

Kemudian untuk sosialisasi empat pilar ini menurut Leonardy belum maksimal. Makanya MPR RI setiap tahun terus memprogramkan dan menugaskan anggotanya untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Lanjutnya, untuk narasumbernya dalam sosialisi itu sebenarnya harus ada dari perguruan tinggi, Tentara Negara Indonesia (TNI) dan harus ada dari pemerintah itu sendiri. "Jika kita melihat fenomena terhadap kekhawatiran, kegalauan, terhadap keadaan dan kondisi negara ini sekarang, sosialisasi empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, keutuhan NKRI dan kesatuan Bhineka Tunggal Ika sangat penting sekali, khususnya kepada generasi muda,"tambah Leonardy yang juga pernah menjadi ketua DPRD Sumbar.

Sementara, Heranof Firdaus selaku ketua PWI Sumbar menilai bahwa empat pilar ini sudah sering disering disosialisikan. Namun belum menyentuh unsur-unsur penting seperti wartawan. Jika memang ada tawaran dari MPR maka akan disambut untuk sosialisi ini.

"Kalau melihat perkembangan saat ini, wartawan sangat perlu memahami empat pilar. Karena perselisihan ditengah masyarakat masih terjadi hingga saat sekarang," terangnya lagi.

Dari pertemuan antara wartawan senior, dengan nasumber-narasumber yang sangat berkompeten dan luas wawasannya tentang empat pilar ini, maka akan bisa berbagi dan shering mengenai empat pilar tersebut. Dengan demikian, akan terjadi pemahaman persepsi tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dimasa mendatang. (h/mg-hen)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]