CPO Cemari Teluk Bayur, Walhi: Merusak Biota Laut


Jumat, 29 September 2017 - 10:44:09 WIB
CPO Cemari Teluk Bayur, Walhi: Merusak Biota Laut TUMPAHAN MINYAK – Foto drone Walhi Sumbar menangkap momen sebaran tumpahan minyak yang mencemari perairan di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang. Aekitar 50 ton minyak sawit mentah milik PT Wira Innomas yang tumpah dan mengancam kelangsungan hidup biota laut. DOKUMENTASI WALHI SUMBAR

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi Sumbar), Chaus Uslaini, menduga bahwa tumpahan minyak kelapa sawit di Teluk Bayur memengaruhi biota laut di tempat yang tercemar minyak tersebut, Kamis (29/9).

“Kami sedang menganalisis foto tumpahan minyak di Teluk Bayur yang tadi kami diambil di sana melalui drone. Yang pasti, tumpahan minyak itu memengaruhi biota laut, termasuk terumbu karang,” ujarnya. Chaus menekankan, memengaruhi yang ia maksud tersebut adalah merusak.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah, mengatakan, apabila tidak cepat dibersihkan, tumpahan minyak itu bisa mematikan ikan dan merusak terumbu karang karena menghambat cahaya matahari dan oksigen masuk ke dalam air. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan kerusakan biota laut yang ditimbulkan tumpahan minyak tersebut.

“Kami sedang memeriksa kondisi di lapangan untuk memastikan kerusakan yang ditimbulkan tumpahan minyak itu. Kami telah menurunkan tim ke sana, bukan hanya tim dari Dinas Lingkungan Hidup, melainkan juga tim dari Dinas Perikanan, BPBD, dan Sat Pol PP Sumbar. Itulah gunanya kami ikut sertakan Dinas Perikanan dalam tim tersebut agar bisa memeriksa dampak kerusakan tumpahan minyak itu terhadpa ikan di sana,” ucapnya.

Untuk sanksinya, pihaknya belum bisa menentukan sanksi hukum kepada perusahaan yang menumpahkan minyak nabati tersebut. “Yang jelas, saat ini kami melakukan upaya pemulihan dan pencegahan kerusakan biota laut di sana. Perusahaan harus menanggung semua biaya atas kerusakan itu. Kami juga belum bisa memastikan jumlah kerugiannya. Sementara itu, untuk sanksi hukum, kami harus melihat dulu, misalnya, apakah minyak itu tumpah karena disengaja,” tuturnya. (h/ang/mg-mel/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]