Polres Solsel Awasi Pekerja Tambang


Jumat, 29 September 2017 - 11:29:34 WIB
Polres Solsel Awasi Pekerja Tambang TAMBANG TIMAH - Lokasi eksplorasi tambang timah hitam di Pinti Kayu, KPGD, Solsel PT.Faras Pratama yang telah kantongi izin bahan peledak. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Polres Solok Selatan (Solsel) menyatakan keberadaan tujuh orang Tenaga Kerja Asing (TKA) di lokasi tambang timah hitam di Pinti Kayu, Kecamatan KPGD, Solsel telah memperoleh izin dari instansi terkait. Aktivitas tambang itu dikerjakan oleh PT Faras Pratama dan juga telah mengantongi izin bahan peledak (Handak) untuk eksplorasi.

"Kalau terkait izin-izin, baik untuk kegiatan tambang maupun orang asingnya. Sesuai dengan yang kita cek sudah lengkap. Polri hanya sebatas pengawasan tetapi untuk perizinan dan izin TKA langsung ke instansi terkait,"kata Kapolres Solsel, AKBP M.Nurdin pada Haluan, Rabu (27/9)

Kendati demikian, imbuh M Nurdin, pihaknya tetap lakukan pengecekkan dan pengawasan berkala oleh kepolisian terkait izin maupun kegiatan tambang. "Di lokasi juga kita tempatkan dua orang personil kepolisian untuk pengamanan bahan peledak yang juga mempunyai izin dari Mabes Polri," lanjutnya.

Sementara, Kasat Intel Polres Solsel, AKP Zamzami mengatakan, perusahaan tersebut memiliki Kepala Teknis Tambang (KTT) yang berasal dari Makasar bernama Mamadong dan juru ledak Sugianto warga Bengkulu.

"Keduanya memiliki Kartu Izin Meledak (KIM) dan semua perizinannya serta administrasi mempekerjakan orang asingnya juga lengkap. Izin handak dikeluarkan oleh Mabes Polri dengan rekomendasi dari Polres dan Polda, sebelum rekomendasi handak dikeluarkan, polisi melakukan pengecekan ke lokasi dengan melihat jarak dari pemukiman minimal dua kilometer dan termometer," sebutnya.

Adapun jenis bahan peledak yang digunakan oleh PT Faras Pratama berupa dinamit, detanator dan anfo, yang telah sesuai standar operasionalnya. Kemudian, gudang ketiga bahan peledak ini juga harus dipisahkan. Dalam pengangkutannya juga harus dipisahkan dan tidak boleh sekaligus dalam satu mobil. (h/jef)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 


 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]