Lima BTS Akan Dibangun di Solsel


Sabtu, 30 September 2017 - 04:07:02 WIB
Lima BTS Akan Dibangun di Solsel Ilustrasi

PADANG ARO, HALUAN - Kementerian Komunikasi dan Informatika membantu Solok Selatan, dengan membangun lima Base Transceiver Station (BTS) pada 2018.

 

"Tahun 2018, Kemenkominfo melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) sepakat memberi lima BTS serta penyediaan 10 layanan akses internet untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan telekomunikasi di Solok Selatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi, Syamsurizal di Padang Aro, Jumat (29/9).

 

Kesepakatan ini ditandatangani oleh Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman saat rapat koordinasi konektivitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Jakarta, Selasa (19/9).

 

Bantuan lima BTS ini sebagai upaya pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di seluruh daerah di Indonesia pada 2018 mendatang.

 

BTS itu akan dibangun dilima titik "blank spot" di Solok Selatan yaitu Trans Dusun Tangah, Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Tengah di Kecamatan Sangir Batang Hari.

 

Selanjutnya, di Jorong Simancung, Kecamatan Pauh Duo dan Jorong Pintikayu Gadang di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

 

Kelima titik pembangunan BTS tersebut sudah disurvei oleh pemerintah daerah dan masyarakat pemilik lahan menyatakan kesiapannya menghibahkan tanah mereka.

 

"Sebelum di bangun pihak Kemenkominfo akan melakukan survei kelapangan setelah itu baru diselesaikan proses hibah tanahnya," ujarnya.

 

Untuk Solok Selatan sendiri memiliki 22 titik blank spot yang tersebar dienam Kecamatan.

 

Layanan komunikasi dan informasi khususnya internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat saat ini.

 

Apalagi Solok Selatan merupakan daerah rawan bencana sehingga sangat membutuhkan layanan dan akses komunikasi yang cepat.

 

Selain lima BTS Solok Selatan juga mendapat bantuan 10 layanan akses internet program USO Kominfo untuk Puskesmas dan sekolah.

 

Sepuluh bantuan layanan internet itu akan diberikan untuk Puskesmas Abai, Bidar Alam, Mercu dan Lubuk Ulang Aling. Sedangkan untuk sekolah diberikan kepada SMPN 6, SMPN 11 dan SMPN 8 Solok Selatan. Selanjutnya untuk SMAN 5, SMAN 2 dan SMAN 7 Solok Selatan. (h/ant)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]