Nofi Candra Bantu Korban Bencana di Solsel


Sabtu, 30 September 2017 - 04:09:54 WIB
Nofi Candra Bantu Korban Bencana di Solsel SERAHKAN BANTUAN - Senator DPD RI, Nofi Candra berdialog dengan Camat KPGD, Syahrul Munir di lokasi bencana banjir bandang sekaligus menyerahkan bantuan tahap 3 berupa peralatan kebutuhan rumah tangga pasca bencana. YUTIS WANDI

SOLOK SELATAN, HALUAN - Senator DPD RI asal Sumbar, Nofi Candra kembali menyalurkan bantuan kepada para korban banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan.

Bantuan yang ketiga kalinya dari DPD-RI Peduli ini berupa peralatan rumah tangga, pembersih seperti sapu, baskom, dan gundar. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Nofi Candra bersama Tim NC Solidarity kepada korban bencana, terutama di empat jorong di Nagari Pakan Rabaa Tangah. Empat jorong yang dilanda galodo itu ialah Jorong Anak Lolo Bancah, Batang Lolo Atas, dan Batu Kulambai Batang Lolo.

"Bantuan kali ini, sesuai dengan kebutuhan warga saat ini. Karena sebelumnya kita sudah menyalurkan bantuan bahan makanan dan hari ini barang-barang keperluan rumah tangga," kata Nofi.

Usai menyerahkan bantuan, Senator Nofi Candra fan rombongan langsung meninjau kawasan yang dilanda air bah itu. "Kita perlu mengetahui lebih jauh perkembangan dan kondisi wilayah pada empat jorong yang dilanda banjir bah itu," kata Nofi Candra.

Camat Koto Parik Gadang Diateh Syahrul Munir saat menyambut sekaligus menerima bantuan di Kantor Camat mengucapkan terima kasih dan sesegera mungkin menyalurkan bantuan ke korban.

"Bantuan ini segera kami disalurkan karena ini alat-alat rumah tangga dan pembersih rumah sangat dibutuhkan masyarakat," kata Syahrul Munir.

Di lokasi bencana itu, Nofi Candra didampingi Camat Syahrul Munir melihat dampak terjangan banjir bandang yang terjadi 14 September lalu, sembari mendengarkan cerita Walinagari Pakan Raba'a Tengah, Zulfikar Erawandi.

Setelah menyaksikan dampak terjangan banjir bandang atau galodo itu, yang kerugiannya mencapai miliaran, Nofi Candra mengusulkan kepada Camat dan Wali Nagari memanfaatkan lahan-lahan sawah yang tertimbun matrial lumpur bercampur pasir tersebut untuk tanaman pangan berupa jagung.

Karena menurutnya, tanaman jagung dinilai produktif dan cocok ditanami dilahan yang banyak mengandung pasir, sembari mengembalikan unsur hara tanah sebelum ditanami padi. Selain itu jagung diproyeksikan memiliki harga yang cukup baik di pasaran.

"Jika ini berkembang, tentu bisa menjawab masalah ketersedian pangan, serta secara ekonomis bisa membantu keluarga. Beberapa pihak terkait bisa membantu nanti. Yang penting koordinasi dengan camat dan SKPD terkait," beber Nofi.

Pihaknya berharap, penanaman jagung di lahan-lahan yang ditentukan tersebut, bisa menjadi kekuatan ekonomi baru bagi masyarakat di Nagari Nagari Pakan Raba'a Tengah. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 15:00:01 WIB

    Nofi Candra Sambangi Korban Pohon Tumbang

    Nofi Candra Sambangi Korban Pohon Tumbang AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Musibah pohon tumbang yang menimpa rumah kayu milik mak Jun (58), warga Pasa Usang nagari Alahan Panjang kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, mengusik empati dari senator Anggota DPD-RI H. No.
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 01:31:44 WIB

    Disebut Layak Gantikan Irwan Prayitno, Nofi Candra: Saya Sudah Jadi 'Gubernur Tani'

    Disebut Layak Gantikan Irwan Prayitno, Nofi Candra: Saya Sudah Jadi 'Gubernur Tani' SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Dalam sebuah acara silaturahim di nagari Saningbaka Kab. Solok, Gubernur Sumatera Barat Irwan Priyitno (IP) menyebut Anggota DPD RI Nofi Candra sudah layak untuk manjabat sebagai Gubernur..
  • Selasa, 19 Juni 2018 - 17:59:56 WIB

    Dinilai Potensial, Nofi Candra Ditantang Irwan Prayitno Maju di Pilgub Mendatang

    Dinilai Potensial, Nofi Candra Ditantang Irwan Prayitno Maju di Pilgub Mendatang SANIANGBAKA, HARIANHALUAN.COM-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (IP), menantang senator DPD RI H.Nofi Candra untuk maju bertarung pada pemilihan Gubernur Sumatera Barat mendatang. .
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 09:45:15 WIB
    Pimpinan DPD RI Turun Tangan

    Nofi Chandra: Basko Simbol Kebangkitan Pascagempa

    Nofi Chandra: Basko Simbol Kebangkitan Pascagempa PADANG, HARIANHALUAN.COM – Polemik eksekusi lahan Basko Hotel dan Grand Mall mendapat perhatian serius Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Pimpinan DPD turun tangan membahas masalah ini. Dalam waktu dekat, DPD akan melakukan .
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:27:53 WIB

    Nofi Candra: Pengentasan Kemiskinan Tanggung Jawab Bersama

    Nofi Candra: Pengentasan Kemiskinan Tanggung Jawab Bersama SIJUNJUNG, HALUAN — Persoalan sosial dan kemiskinan di tengah masyarakat, tetap menjadi momok yang tak per­nah tuntas diselesaikan oleh pemerintah. Kondisi ini sering kali muncul setiap periode pemerintahan. Sementara per.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]