BPBD Bukittinggi Berikan Pendidikan Kebencanaan


Sabtu, 30 September 2017 - 04:19:07 WIB
BPBD Bukittinggi Berikan Pendidikan   Kebencanaan MELINDUNGI-Seorang murid di Sekolah Dasar Negeri 15 Tanjung Alam, mempergakan cara melindungi diri apa bila terjadi genpa bumi pada endidikan kebencanaan di sekolahnya. RRI

Bukittinggi, Haluan- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi menilai, pendidikan tentang kebencanaan sangat penting diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali bagi murid Sekolah Dasar (SD).

Seperti yang digelar Sabtu , di Sekolah Dasar Negeri 15 Tanjung Alam, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), Kota Bukittinggi, yang diikuti 145 murid.

Staf Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bukittinggi, Reynaldo Secuba menjelaskan, pemberian pendidikan tentang kebencanaan itu disesuaikan sesi nya dengan usia, kalau untuk siswa SD ini materi yang diberikan dikemas secara interaktif, diselingi dengan lagu, sehingga simulasi yang diberikan dipahami oleh anak-anak. “Materi yang diberikan bagi ratusan siswa SD ini juga simpel sesuai dengan usia mereka, berupa pengenalan apa itu bencana, bagaimana usaha untuk mencegah, dan kesiapan apa yang dibutuhkan saat bencana itu terjadi,” terangnya.

Menurut Reynaldo Secuba, pendidikan kebencanaan sangat penting dikenali dari anak-anak, mengingat Kota Bukittinggi berada di patahan semangka atau masuk zona rawan gempa, dan dengan adanya pengetahuan yang diberikan pada siswa SD ini, mereka bankal mengetahui bagaimana cara menyelamatkan dan mencari perlindungan saat musibah gempa terjadi“Termasuk dalam pelatihan ini, pihak BPBD Bukittinggi juga mengajarkan proses evakuasi bagi murid yang ruang kelasnya berada di lantai dua. Saat gempa terjadi, murid diarahkan agar menjauhi jendela dan benda yang mungkin jatuh akibat goncangan gempa, sehingga diarahkan untuk bersembunyi dibawah meja,” tukasnya.

Reynaldo Sechuba menambahkan, pendidikan kebencanaan ini akan direncanakan akan diberikan pada seluruh SD se Kota Bukittinggi secara berkelanjutan, paling tidak satu kali dalam tiga hingga enam bulan, sehingga siswa SD paham apa arti pentingnya dipelajari pendidikan tentang kebencanaan.

Menyikapi pendidikan tentang kebencanaan ini, Kepala Sekolah Dasar Negeri 14 Tanjung Alam, Darneli menjelaskan, pendidikan kebencanaan dari BPBD Bukittinggi sangat bermanfaat bagi siswa dan seluruh jajaran sekolah, pendidikan seperti ini jarang didapatkan, untuk itu pihak sekolah akan mengaplikasikan seluruh pelajaran yang telah didapatkan. “Dalam pelatihan kebencanaan ini BPBD Bukittinggi telah memberikan arahan kepada pihak sekolah, bagaimana menata sekolah agar memiliki jalur atau petunjuk evakuasi ketika bencana terjadi, dan ini sungguh pelajaran yang sangat bermanfaat, karena sebelumnya tidak disadari apa arti pentingnya belajar tentang bencana,” jelasnya.

Seperti halnya saat gempa melanda Kota Bukittinggi tahun 2017 lalu sambung Darneli, bangunan SD Negeri 14 Tanjung alam ini mengalami rusak cukup parah, dan dibangun ulang, beruntung saat itu tidak ada korban akibat gempa tersebut.

Darneli berharap, seluruh siswa yang telah mendapatkan pelatihan tentang kebencanaan ini, untuk dapat berbagi informasi yang diperoleh pada orang tua, teman bermain, serta masyarakat di sekitar tempat tinggal, sehingga sama-sama memiliki pengetahuan bagaimana menyelamatkan diri ketika terjadi bencana, terutama pelajaran tentang gempa yang telah dieproleh hari ini. (h/rri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]