DUKUNG PELAKSANAAN UNBK 2018

Disdik Sumbar Salurkan 1.625 Komputer


Sabtu, 30 September 2017 - 04:34:19 WIB

PADANG, HALUAN — Untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan 2018 mendatang,  Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyalurkan sebanyak 1.625 perangkat komputer untuk 87 SMA/SMK.

Berdasarkan data yang dihimpun Haluan, sebanyak 525 komputer akan disalurkan ke 32 sekolah. Anggaran ini diambilkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp5,7 miliar. Sedangkan dari APBD-P dianggarkan dana Rp8 miliar untuk membantu penyediaan 800 komputer untuk 40 sekolah.

Selanjutnya, dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) mendapat bantuan berupa fisik labor dan juga kebutuhan komputer untuk mendukung pelaksanaan UNBK di Sumbar. Dalam hal ini sebanyak 15 sekolah akan mendapat bantuan masing-masing 20 komputer beserta perangkat lainnya.

“Tahun 2018, diupayakan agar 80 persen dari jumlah sekolah SMA/SMK yang ada di Sumbar sudah bisa melaksanakan proses ujian dengan berbasis komputer,” kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas Provinsi Sumbar, Nasmeri.

Ia mengatakan, total anggaran yang disediakan untuk bantuan berupa sarana komputer untuk tingkat SMA/SMK di Sumbar lebih bayak dibandingkan dari tahun sebelumnya. Hal ini karena, sasaran utama dari dinas pendidikan adalah peningkatan mutu dan kualitas hasil UN yang setara.

“Bertambahnya jumlah sekolah yang akan melaksanakan UNBK dibandingkan tahun sebelumnya, diupayakan dapat meningkatkan kualitas hasil ujian di Sumbar. Sehingga pendidikan di Sumbar semakin menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik,” katanya.

Dikatakannya, penyebaran komputer tersebut sudah mulai disalurkan ke beberapa sekolah. Sehingga, pihak sekolah bisa mempersiapkan dan membekali siswanya dengan pelatihan yang lebih matang dalam mengerjakan UN menggunakan teknologi komputer.

“Pihak sekolah diberikan tanggung jawab untuk membekali siswanya dalam mempelajari dan memahami segala teknis mengenai tata cara menjawab dan menggunakan komputer untuk menjawab soal UN,” ucapnya.

Kepala SMAN 9 Padang, Yuni Era mengatakan, untuk UN yang akan digelar tahun ajaran ini, pihak sekolah sudah mempersiapkan diri agar bisa melaksanakan UNBK.

“Sebenarnya, awal adanya wacana mengenai UNBK, pihak sekolah sudah merencanakan untuk mengikuti proses ujian yang menggunakan teknologi komputer ini,” katanya

Yuni mengatakan, pihak sekolah sudah menganggarkan dana untuk memenuhi segala kebutuhan untuk melaksanakan UNBK. Namun, kala itu segala kebutuhan sarana dan prasarana masih dalam bentuk uang, belum dalam bentuk barang jadi.

Untuk melengkapi segala keperluan UNBK, dibutuhkan waktu 3 minggu dalam memasang server dan perangkatnya. Ditambah lagi dengan ketidaksiapan siswa dalam menghadapi proses ujian yang berbeda dari apa yang telah ia praktekaan selama ini.

“Jadi untuk tahun ini, pihak sekolah sudah mulai membekali siswa agar bisa melaksanakan UN dengan menggunakan komputer. Siswa diberikan pemahaman dan pelatihan yang cukup, agar bisa mensukseskan UNBK di Sumbar dan menunjukkan hasil yang lebih baik,” ucapnya. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]