Bareskrim Sita Aset YSN di Tegal


Ahad, 01 Oktober 2017 - 18:13:04 WIB
Bareskrim Sita Aset YSN di Tegal Barang bukti SPj Fiktif yang disita Bareskrim di Sumatera Barat. Ishaq

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Penyidik Subdirektorat IV Dittipidkor Bareskrim Polri Bareskrim Mabes Polri kembali menyita aset milik Yusafni Ajo, pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumbar, yang terjerat kasus korupsi SPj fiktif. Aset yang disita berupa tanah yang berada di Desa Margahayu, Kecamatan Margasari, Tegal, Jawa Tengah.

Tanah yang disita jumlahnya delapan bidang, dengan luas 14 ribu meter. Penyitaan ditandai dengan pemasangan papan warna merah sebagai tanda penyitaan untuk keperluan penyidikan, Jumat (29/9) siang. Diduga, uang pembeli tanah itu merupakan hasil korupsi dan tindak pidana pencucian uang oleh Yusafni.

Kanit Dittipidkor Bareskrim Mabes Polri, AKBP Rahmat Nurhidayat mengungkapkan, tanah-tanah itu dibeli Yusafni seharga Rp. 1,2 miliar dari hasil korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan infrastruktur strategis di Dinas Prasjaltarkim Sumbar. "Uang hasil korupsi oleh Yusafni, sebagian dibelikan tanah di Tegal. Tanah ini merupakan akses jalan menuju ke lokasi penambangan galian C di Margasari," ungkap Rahmat Nurhidayat.

Dijelaskannya, pada tahun 2012 sampai 2016, Yusafni selaku PPTK pada proyek pengadaan tanah untuk pembangunan infrastruktur strategis telah mencairkan anggaran untuk biaya ganti rugi pengadaan tanah sebesar Rp 120.032.754.170. Uang itu seharusnya untuk membayar tanah di Jalan Samudra di Kota Padang dan pembebasan lahan lain untuk proyek flyover di Padang Pariaman. Namun kenyataannya tidak diberikan semua kepada pemilik tanah.

Dana itu sebagian dikorupsi dengan cara membuat Surat Pertanggungjawaban (SPJ) anggaran yang tidak sebenarnya alias fiktif. "Ini untuk menutupi seolah-olah pemilik tanah telah menerima semua ganti rugi tanah dari Yusafni, padahal itu laporan fiktif. Akibat perbuatannya itu, negara dirugikan sebanyak Rp 63 miliar," papar Rahmat.

Selain membuat laporan fiktif dan tidak membayarkan uang ganti rugi ke pemilik lahan, penyidik juga mengincar Yusafni dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Salah satu indikatornya adalah pembelian tanah untuk membuka bisnis pribadi. “Uang hasil korupsi ini salah satunya dibelikan 8 bidang tanah di Desa Margahayu, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal seluas 14 ribu meter lebih. Tanah ini dibeli pada tahun 2014 seharga Rp1,2 miliar. Rencananya, tersangka akan menggunakan tanah itu untuk membuka bisnis penambangan golongan C saat pensiun,” sebutnya.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 07 Mei 2018 - 12:27:11 WIB

    Hari Ini Yusafni Dituntut, Bareskrim Buru Penikmat Uang SPj Fiktif 

    Hari Ini Yusafni Dituntut, Bareskrim Buru Penikmat Uang SPj Fiktif  Praktik bagi-bagi uang dalam kasus korupsi Surat Pertanggungjawaban (SPj) fiktif, agaknya bukan ocehan semata. Penyidik Bareskrim Polri bahkan sedang mengidentifikasi nama-nama orang yang turut serta menerima uang panas terse.
  • Rabu, 02 Mei 2018 - 10:40:42 WIB

    Bareskrim Sita Pagar Rel KAI, Basko : Keadilan Masih Ada

    Bareskrim Sita Pagar Rel KAI, Basko : Keadilan Masih Ada JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—H Basrizal Koto mengapresiasi tindakan Tim Bareskrim Mabes Polri menyita pagar rel kereta api yang dipasang pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumbar di areal Hotel dan Mall Basko. .
  • Senin, 30 April 2018 - 12:30:46 WIB

    Eksekusi Melanggar Hukum di Basko Mall dan Hotel, Bareskrim Sita Pagar Rel Kereta Api 

    Eksekusi Melanggar Hukum di Basko Mall dan Hotel,  Bareskrim Sita Pagar Rel Kereta Api  PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Bareskrim Mabes Polri menyita pagar rel kereta api yang dipasang pihak PT KAI Divre II Sumbar di areal Hotel dan Mall Basko. Penyitaan yang berlangsung Jumat dan Sabtu (27-28/4), sebagai tinda.
  • Senin, 12 Februari 2018 - 18:58:41 WIB

    Perusakan Hotel dan Mal Basko Bareskrim Periksa Belasan Saksi

    Perusakan Hotel dan Mal Basko Bareskrim Periksa Belasan Saksi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Bareskrim Mabes Polri, Sabtu (10/2) menuntaskan tugasnya di Padang terkait laporan penyerobotan dan perusakan Basko Hotel dan Basko Grand Mall. Dalam Waktu dekat, pemeriksaan saksi dan terlap.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 10:04:03 WIB
    TINDAKLANJUTI LAPORAN BASKO, TIM MABES TURUN KE PADANG

    Bareskrim Gelar Pemeriksaan Maraton

    Bareskrim Gelar Pemeriksaan Maraton PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Bareskrim Mabes Polri akhirnya turun ke Padang untuk menindaklanjuti laporan eksekusi di luar batas yang dilayangkan pengusaha Basrizal Koto (Basko). Tim yang dipimpin AKBP Ruslan Abdul Rasyid.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]