Sempat Sembunyi di Dalam Mobil, Napi Kabur dari Lapas Muaro Padang Ini Berhasil Diciduk


Ahad, 01 Oktober 2017 - 19:04:23 WIB
Sempat Sembunyi di Dalam Mobil, Napi Kabur dari Lapas Muaro Padang Ini Berhasil Diciduk Syahrial, napi kasus pencurian dengan vonis 2 tahun 6 bulan di Lapas Muaro Padang saat ditangkap setelah berusaha kabur, Minggu (1/10). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Seorang napi di Lapas Permasyarakatan Kelas II A,  Muaro Padang,  Syahrial yang tersangkut kasus pencurian dengan vonis 2 tahun 6 bulan bernasib sial.  Upayanya untuk kabur dari Lapas hanya berbuah luka robek di tangan karena tersayat kawat berduri.  

Ia hanya berhasil kabur sejauh 100 meter dari Lapas setelah aksinya ketahuan warga dan ditangkap kembali di dalam mobil yang awdang parkir di depan Vihara Budha Warma,  Minggu (1/10)  sekitar pukul 13.15 WIB. 

Informasi yang dihimpun Haluan,  aksi pelarian Syahrial ini memanfaatkan kelengahan petugas sipir yang saat itu sedang apel pergantian shift piket jaga. Memanfaatkan ginset besar yang tertrmpel di dinding,  Syahrial berhasil melompati dinding. Namun diatas dinding,  baju dan tangannya tersangkut.  Alhasil,  darah segar mengalir dari tangannya.  

Saat tersangkut ini,  seorang penjaga kantin depan lapas melihat Syahrial dan langsung berteriak. Wargapun dan sipir pun langsung menuju sumber suara dan aksi kejar-kejaran terjadi antara Napi ini dengan warga dan sipir penjara. 

Sesampai di halaman Vihara Budha Warma,  napi yang baru menjalani hukuman 5 bulan ini mencoba bersembunyi didalam mobil jemaah Vihara. Namun,  tetap saja upayanya ketahuan. Akhirnya,  dengan mudah warga menangkap napi ini. 

Saksi mata yang merupakan penjaga kantin, Yolanda (21) mengatakan pada saat itu, ia melihat seorang laki-laki memanjat pintu gerbang yang terpasang kawat berduri dan kemudian langsung melompat. Sontak ia langsung berteriak sehingga warga dan petugas langsung mengejar napi itu.

Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Padang, Sri Yuwono, mengatakan setelah mendengar teriakan dari penjaga kantin yang berada di sebelah kiri lapas, pihaknya langsung menuju sumber suara. Setelah itu napi tersebut berhasil ditangkap kembali, setelah kabir saat pergantian petugas jaga.

"Yang kabur itu stastusnya narapidana bernama Syahrial panggilan Iyal, 25. Ia napi kasus pencurian divonis 2 tahun 6 bulan danbaru jalan 5 bulan. Caranya kabir  naik dari genset, jebol atap langsung naik ke atas lalu turun melaui pintu samping," kata Sri Yuwono saat ditemui di Lapas.(h/ang)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]