Walikota Padang: Tak Bisa Ditutupi Bahwa Komunisme Adalah Paham Radikal


Senin, 02 Oktober 2017 - 11:24:54 WIB
Walikota Padang: Tak Bisa Ditutupi Bahwa Komunisme Adalah Paham Radikal Film G30S/PKI

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo melihat, sejak era refomasi ini, peringatan G30S/PKI setiap 30 September seperti tidak dianggap penting. Begitu pula peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang selalu diperingati pada 1 Oktober.

“Hal itu ditandai dengan kurangnya kesadaran masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang setiap tanggal 30 September. Pemberitaan mengenai Hari Kesaktian Pancasila juga tak ada gaungnya,” kata Mahyeldi usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Minggu (1/10).

Hemat Mahyeldi, peristiwa G30S/PKI yang merupakan sejarah kelam bangsa Indonesia seperti hendak dihapuskan dari memori kolektif para generasi muda Indonesia. Namun begitu, Walikota Padang mengatakan bahwa kebenaran sejarah tidak akan pernah bisa ditutupi.

“Tetapi, kebenaran sejarah tak bisa ditutupi bahwa komunisme adalah paham radikal yang merupakan ancaman bagi ideologi bangsa kita, Pancasila,” ungkap Walikota.

“Kita harus terus gaungkan Hari Kesaktian Pancasila setiap tahunnya,” tambah Mahyeldi.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini bertemakan "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat yang Adil dan Makmur”. Tema tersebut menjelaskan bahwa untuk membangun bangsa dan negara dibutuhkan kerjakeras bersama berlandaskan Pancasila.

“Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus pondasi negara. Pancasila juga falsafah negara. Oleh karena itu, Pancasila harus menjadi acuan bagi kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera,” tutur Walikota Padang.

Walikota mengatakan, setiap kita mesti terus menerus menumbuhkkembangkan nilai-nilai Pancasila. Terutama kepada semua generasi, serta generasi penerus bangsa.

“Dalam konteks ini, pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik, dan masif,” ujar Walikota. (h/rel)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]