Temui Nasrul Abit, Faldo Maldini Belajar Kepemimpinan


Senin, 02 Oktober 2017 - 11:42:47 WIB
Temui Nasrul Abit, Faldo Maldini Belajar Kepemimpinan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit (kiri) salam komando dengan pendiri pulangkampuang.com, Faldo Maldini (kanan). ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Faldo Maldini, pendiri pulangkampuang.com, menemui Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, di Padang baru-baru ini.  Dalam pertemuan tersebut, tokoh lintas generasi ini berdiskusi banyak hal tentang pembangunan Ranah Minang ke depan.

"Saya menemui beliau untuk belajar banyak hal tentang kepemimpinan. Pengalaman beliau memimpin sudah bertahun-tahun, sejak wakil bupati, bupati, sampai wakil gubernur. Pasti sudah banyak ilmu yang bisa saya dapatkan dari beliau. Ilmu seperti itu tidak ada di sekolah. Ilmu kepemimpinan seperti itu diperoleh dari pengalaman memimpin bertahun-tahun," ujar mantan ketua BEM Universitas Indonesia itu. 

Kepada Nasrul Abit, Faldo bercerita tentang gerakan anak muda di Sumbar. Ia yakin potensi anak muda Sumbar yang luar biasa bisa membawa provinsi itu ke arah yang lebih baik.

"Saya bercerita kepada Pak Wagub bahwa potensi anak muda Sumbar sangat besar. Sayang potensi itu jika tidak terberdayakan. Pemerintah harus mengambil peran fasilitator untuk memberdayakan potensi anak muda. Potensi ini perlu dimaksimalkan. Pemerintah tentu tidak bisa kerja sendiri, pulangkampuang.com siap bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memberdayakan potensi anak muda," tutur mantan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Britania Raya itu. 

Sehubungan dengan potensi dan peluang anak muda, Faldo berpandangan bahwa kreativitas anak muda harus disalurkan. Anak muda penting memiliki saluran untuk menyalurkan kreativitasnya. Kemajuan  teknologi saat ini memberikan banyak peluang untuk menyalurkan kreativitas tersebut. 

"Kemajuan teknologi tidak bisa kita hindari. Anak muda memiliki banyak peluang untuk mengambil momentum. Lewat teknologi, anak muda juga harus bisa membantu orang-orang tua untuk menyelesaikan berbagai persoalan, misalnya, dengan sosial media, anak muda bisa membantu orang tuanya untuk menjual lebih banyak produk orang tuanya," ucap alumnus Ilmu Fisika Imperial Collage London itu. 

Sementara itu, berkaitan dengan pembangunan, Faldo berpendapat bahwa kolaborasi merupakan kunci keberhasilan pembangunan. Menurutnya, pemerintah membutuhkan partisipasi publik untuk mempercepat pembangunan.

"Kita sudah bisa menggunakan bermacam-macam teknologi. Namun, pemerintah tetap tidak bisa kerja sendiri. Kontribusi publik adalah aspek paling menentukan bagi pembangunan. Kalau pemerintah daerah tidak bisa mendorong partisipasi, artinya publik tidak pernah terberdayakan sehingga pembangunan yang dilakukan tidak pernah benar-benar untuk rakyat. Pemerintah daerah harus terbuka untuk bekerja sama, termasuk dengan anak muda," kata pria kelahiran Balimbiang, Padang, itu. (h/dib) 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:08:38 WIB

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini, PT MATA Segera Temui Pemko Padang

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini,  PT MATA Segera Temui Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dalam pekan ini PT. Mas Arya Tunggal Abadi (MATA) selaku investor dan pengelola parkir meter di Kota Padang akan menemui Pemko Padang untuk memberi kejelasan terkait kelanjutan investasinya. Saat in.
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 17:07:54 WIB
    Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

    Ragu Dengan Minang Mart? Temui Saya Secara Pribadi!

    Ragu Dengan Minang Mart? Temui Saya Secara Pribadi! PADANG, HALUAN -- Program kerakyatan yang diluncurkan oleh Provinsi Sumbar diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Setidaknya itu diyakini oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika meluncurkan Minang Mart di g.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM