Lima Puskesmas Pasbar Dinilai Kemenkes RI


Selasa, 03 Oktober 2017 - 01:09:26 WIB
Lima Puskesmas Pasbar Dinilai Kemenkes RI TIM penilaian akreditasi Pukesmas Kemenkes RI dengan Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampinggi Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto, Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat Haryunidra menandatangani berkas penilaian lima pukesmas di Pasaman Barat. IDENVI SUSANTO

PASBAR, HALUAN - Sebanyak lima Pukesmas yang berada diwilayah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan dinilai oleh tim surveyor penilai akreditasi Kementrian Kesehatan Repoblik Indonesia (Kemenkes RI) pada tahun 2017 ini.

"Benar, lima dari 20 Pukesmas di pasbar akan dinilai oleh tim dari Kemenkes RI. Ditahun 2016 sudah tiga Pukesmas yang sudah dinalai dan hasilnya positif," tutur Bupati Pasaman Barat Syahiran kepada Haluan, Senin (2/10).

Tiga diantaranya Puskesmas Sukamenanti, Puskesmas Sungai Aur dan Puskesmas Talu. Dan pada tahun 2017 ini akan dinilai sebanyak 5 Puskesmas lagi di antaranya Puskesmas Silaping, Paraman Ampalu, Kinali, Sasak dan Puskesmas Ujung Gading.

Syahiran dalam acara ramah tamah bersama tim surveyor penilai akreditasi Puskesmas Kemenkes RI mengingatkan kepala Puskesmas yang dikunjungi agar melakukan pelayanan yang terbaik bagi tim penilai dan bersikap pro-aktif dilapangan dan menerima masukan dari tim, sebagai bahan evaluasi, katanya

"Kedepan tentunya saya harapkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hal pelayanan kesehatan di Pasbar dan kepada petugas pukesmas agar melakukan yang terbaik untuk masyarakat," sebut Syahiran.

Selain itu Syahiran juga menegaskan, agar kepala Puskesmas memanfaatkan momentum penialain akreditasi yang dilakukan tim surveyor penilai akreditasi Kemenkes RI untuk meningkatkan derajat dan pelayanan kesehatan di Pasbar.

Sementara, kepala Dinas Kesehatan Pasbar, Haryunidra menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas dan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktek Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, seluruh Puskesmas di Indonesia harus terakreditasi pada tahun 2019.

"Akreditasi Puskesmas sangat penting untuk meningkatkan mutu pelayanan dasar secara berkesinambungan, berkualitas, sesuai standar dan berfokus pada kepuasan pasien," sebutnya.

Kita tidak mau lagi ada laporan atau pengaduan masyarakat bahwa pelayanan kesehatan di Pasbar tidak maksimal. "Kepada petugas Pukesmas saya tegaskan, agar memaksimalkan kinerja dan pelayanannya kepada masyarakat. Kedapatan yang lalai dan tak maksimal akan kita evaluasi," tegasnya. (h/mg-idn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]