Puluhan Warga Maek Demo Gedung Dewan


Selasa, 03 Oktober 2017 - 01:11:51 WIB
Puluhan Warga Maek Demo Gedung Dewan ROMBONGAN warga dari Jorong Nenan, demo gedung DPRD. Rombongan berjumlah 65 orang berdatangan sejak dinihari. IST

Limapuluh Kota, Haluan - Senin (2/10) pagi, gedung DPRD Kabupaten Limapuluh Kota mendadak ramai didatangi oleh puluhan warga Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan. Kedatangan warga dari Jorong Nenan sekaligus daerah pinggir Kabupaten Limapuluh Kota itu, untuk mempertanyakan pembangunan infrastruktur di daerah seribu menhir tersebut ke anggota dewan.

"Daerah kami tidak ketinggalan tetapi ditinggalkan dalam segi pembangunan oleh pemerintah. Sehingga, kondisi jorong kami sangat memprihatinkan. Kenapa sampai daerah kami ini tidak kebagian dalam pembangunan oleh pemerintah. Ini yang kami pertanyakan ke anggota dewan terhormat,"
terang Dedi Rahmat Kepala Jorong Nenan kepada Haluan di gedung DPRD Limapuluh Kota.

Kedatangan rombongan tersebut ternyata sejak dini hari. Sekitar pukul 03.00 Wib, rombongan sebanyak 65 orang itu sudah berada digedung DPRD. Sebelum ke gedung dewan, rombongan sempat beristrahat dari subuh di mesjid raya yang berada persis sekitar 100 meter dari kantor DPRD setempat. "Kami ke gedung dewan sejak dini hari dengan menaiki 7 unit mobil terbuka dari Nenan,"ucapnya lagi. Dikatakan Kepala Jorong Nenan, selain mempertanyakan pembangunan infrastruktur di daerah pemghasil gambir itu, mereka juga ingin meminjam dua unit alat berat ke DPRD Limapuluh Kota.

Sekitar pukul 08.00 Wib, rombongan bergerak dari kawasan mesjid didepan kantor Bupati Limapuluh Kota menuju gedung DPRD setempat. Rombongan juma mengarak yel-yel yang bertuliskan kekewewaan terhadap pemerintah. Mereka juga sempat berorasi didepan gedung DPRD hingga akhirnya rombongan di persilahkan masuk ke gedung dewan untuk menyampaikan aspirasi ke anggota DPRD.

Selain disambut oleh pimpinan dan anggota dewan, rombongan juga dipertemukan langsung dengan Wakil Bupati Limpuluh Kota, Ferizal Ridwan diruangan sidang DPRD. Rombongan dari Jorong Nenan tersebut, sempat menduduki satu-persatu kursi anggota DPRD untuk menyampaikan aspirasi mereka.

"Kami sebenarnya ingin meminjam alat berat. Bulldozer dan eskavator untuk memperbaiki akses jalan menuju Nenan yang sangat parah,"
ucapnya.

Koordinator demo, Saleh menuturkan, kedatangan warga Maek yang terdiri tokoh masyarakat, tokoh adat dan beberapa unsur lainya ke gedung dewan merupakan buntut dari kekesalan warga terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota selama ini.

Hal itu berdasarkan adanya upaya pembiaran semakin terpuruknya warga Jorong Nenan dari minimnya pembangunan infrastruktur di jorong tersebut. Belum sampai disana, warga setempat merasa sudah, muak dengan janji-janji yang dilakukan oleh eksekutif maupun legislatif untuk pembangunan Jorong Nenan.

"Lihatlah daerah kami, semakin memprihatinkan. Sudah daerah kami berada dipinggiran, akses jalanpun sangat memprihatinkan. Kami seperti ditinggalkan oleh pemerintah,"
tegas Zainal. Karena itu, warga Jorong Nenan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Limpuluh Kota adanya pemerataan pembangunan infrastruktur ke Jorong Nenan.

"Sampai kapan kami terisolir terus. Kalau janji-janji, sudah banyak yang akan membangun Jorong Nenan tapi sampai saat ini tidak ada yang terealisasi,"
terangnya lagi.

Sementara Ketua DPRD Limapuluh Kota Safaruddin berupaya mencari solusi terbaik untuk pembangunan Jorong Nenan ke depan.

Bahkan, Wakil Bupati Limapuluh Kota akan memprioritaskan kedepannya pembangunan untuk Jorong Nenan, Nagari Maek tersebut. "Kita apresiasi langkah warga ini untuk menuntut pemerataan pembangunan. Kita akui, Nenan memang minim terhadap pembangunan infratruktur. Kedepan, berbagai langkah kita lakukan demi Jorong Nenan, Nagari Maek ini,"
ucap Ferizal Ridwan.

Demo warga selama 2 jam itu, juga mendapatkan pengamanan dari Polres Limapuluh Kota serta anggota Satpol PP setempat. Sampai siang hari, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan membawa rombongan ke Kantor Bupati untuk membicarakan tuntutan warga tersebut. Tak hanya itu saja, Ferizal Ridwan juga memerintahkan dinas terkait Sepeti PU untuk menjelaskan solusi terbaik bagi warga Jorong Nenan. (h/ddg)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]