Yusuf Lubis Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin


Selasa, 03 Oktober 2017 - 01:14:17 WIB
Yusuf Lubis Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin SK PNS - Bupati Yusuf Lubis didampingi wakilnya Atos Pratama menyerahkan SK kenaikan PNS secara simbolis kepada salah seorang PNS, Senin (2/10). YUDI LUBIS

PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyampaikan banyak pesan kepada jajarannya, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan setempat, usai penyerahan 314 berkas SK kenaikan pangkat PNS, periode 1 Oktober 2017, Senin (2/10).

Pertama, ia meminta seluruh ASN termasuk para pejabat di pemerintahan setempat agar meningkatkan disiplin dan menjaga etika sebagai seorang aparatur pemerintah. Menjadi suri tauladan dan menghindari KKN.

"ASN itu harus memberi contoh dan patut menjadi contoh. Jangan malah memberi kesan buruk bagi masyarakat, seperti yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat," katanya.

Ia menegaskan akan menindak tegas ASN yang melanggar etika dan disiplin. Termasuk, kejadian dugaan perbuatan tidak senonoh yang dilakukan oleh oknum kepala tata usaha disalah satu sekolah lanjutan tingkat atas di Kecamatan Bonjol.

"Saya minta, PNS yang bersangkutan harus diproses, baik secara hukum maupun etika profesi. Jika terbukti bersalah, saya tak segan-segan untuk memberhentikan yang bersangkutan. Sama halnya dengan Kepala Puskesmas Cubadak, tolong diselidiki apa betul informasi itu," kata bupati.

Tudingan dari segelintir masyarakat yang menyebutkan bahwa pemerintah daerah dianggap lalai, tidak tegas dan terkesan diam dalam penanganan sejumlah pelanggaran etika oleh ASN di daerah tersebut, adalah salah.

"Heboh, heboh di media sosial seperti facebook dan WA ulah oknum itu. Seolah pemerintah daerah tidak bertindak apa-apa. Disini, saya tegaskan bahwa setiap pelanggaran yang dilakukan olen ASN selalu diproses. Saat ini, inspektorat sedang mengurusi banyak kasus pelanggaran, termasuk oknum PNS di SMA Bonjol itu," katanya.

Ia menyatakan tidak akan segan untuk memberhentikan seseorang PNS di daerah itu, dari jabatan dan profesinya jika terbukti bersalah dan melanggar etika.

"Saya akan langsung copot, berhentikan jika betul-betul terbukti bersalah. Tak ada pengecualian dan tidak ada yang kebal hukum dan sanksi," tukasnya.

Berikutnya, kata Bupati ia meminta para ASN termasuk pejabat teras di pemerintahan setempat tidak melakukan pungutan pungli (Pungli) untuk setiap proses pekerjaan atau jasa yang diberikan kepada orang lain (masyarakat). Pejabat, kata dia, melawan pungli.

"Tidak boleh ada pungli dalam pengurusan kenaikan SK PNS, lelang tender dan pengurusan lainnya. Jika ada dan ditemukan, akan diproses secara hukum dan mekanisme berlaku," katanya.

Terkait penyerahan SK kenaikan pangkat, Bupati berpesan, selaku ASN harus senantiasa meningkatkan etos kerja, disiplin dan melayani masyarakat dengan baik. Seorang ASN, kata dia, harus tahu antara hak dan kewajiban.

"Penyerahan SK ini sedikit mengalami keterlambatan, itu karena banyak agenda dan acara kita sehingga penyerahan SK ini baru terselenggara pada hari ini. Saya, menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan penyerahan SK PNS ini," ujar Yusuf Lubis.

Ke-314 berkas SK kenaikan pangkat itu terdiri dari, golongan IV/a ke atas sebanyak 109 berkas. Golongan III/d ke bawah sebanyak 205 berkas. Sebanyak 10 berkas dari total 109 berkas SK kenaikan pangkat untuk golongan IV/a ke atas masih dalam proses pembuatan surat keputusan dari Gubernur Sumatera Barat.

Diakhir arahannya, Bupati Yusuf Lubis meminta seluruh ASN dan masyarakat setempat menyukseskan seluruh rangkaian dan ikut memeriahkan kegiatan HUT Kabupaten Pasaman ke-72. Dimana, diawali dengan pelaksanaan lomba lari 5K dan 10K pada hari itu. (h/yud)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 November 2019 - 14:47:01 WIB

    Inilah Potensi Unggulan Pasaman yang Ditawarkan Yusuf Lubis Pada Investor

    Inilah Potensi Unggulan Pasaman yang Ditawarkan Yusuf Lubis  Pada Investor PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis tawarkan tiga potensi unggulan daerah itu kepada para calon investor. Kali ini, potensi tersebut ditawarkan kepada para pengusaha Sumatera Utara di Kota Medan. .
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:43:35 WIB

    Besok Pagi, Ustad Yusuf Mansur Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

    Besok Pagi, Ustad Yusuf Mansur Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Umat muslim tanah air merayakan Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 H, besok Minggu (11/8). Masjid Istiqlal Jakarta mendatangkan Ustaz Yusuf Mansur sebagai pada salat Id besok..
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 16:16:26 WIB

    Yusuf Lubis Ingin Madrasah Kian Berdaya Saing Tinggi

    Yusuf Lubis Ingin Madrasah Kian Berdaya Saing Tinggi PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pasaman, di kampus MAN 1 Lubuksikaping, Sabtu (20/7). Ratusan peserta dari berbagai tingkatan madrasah ikut sert.
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 21:04:08 WIB

    SISSCA 2019 Sawahlunto akan Dihadiri Mufidah Yusuf Kalla

    SISSCA 2019 Sawahlunto akan  Dihadiri  Mufidah Yusuf Kalla SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM– Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, memastikan Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla, yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bakal hadir dalam ajang Sawahlunto International Son.
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 17:42:17 WIB

    Mufidah Yusuf Kalla Bakal Hadiri SISSCA 2019

    Mufidah Yusuf Kalla Bakal Hadiri SISSCA 2019 SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bakal hadir dalam ajang Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCA), awal Septe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]