Pakai Uang Rakyat, DPRD Sumbar Pelesiran ke Tiga Benua


Selasa, 03 Oktober 2017 - 04:25:02 WIB
Pakai Uang Rakyat, DPRD Sumbar Pelesiran ke Tiga Benua Gedung DPRD Sumbar

PADANG, HALUAN - Keberangkatan Anggota DPRD Sumbar untuk pelesiran ke luar negeri tinggal menghitung hari.  Jika sebelumnya diinformasikan keberangkatan perdana dewan akan dilakukan tanggal 27 Oktober, keberangkatan akan dipercepat 5 Oktober mendatang. Sekitar tujuh negara di tiga benua akan dikunjungi DPRD.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano berharap jangan ada pihak-pihak yang alergi dengan rencana kunjungan DPRD ke luar negeri. "Saya sampaikan sedikit jangan sampai alergi lah kalau DPRD melaksanakan kunjungan ke luar negeri, itu juga bahagian tugas pokok dan fungsi DPRD sebagai pemerintahan daerah," ulas Arkadius di Gedung DPRD Sumbar, Senin (2/10).

Untuk negara yang dikunjungi, menurut Arkadius, diantaranya adalah Hawai Amerika Serikat, kemudian negara-negara di benua Eropa. Diantaranya, Jerman , Spanyol, Leiden Belanda dan Perancis. Sementara untuk negara di Asia anggota DPRD akan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan. Dengan begini ada sekitar tujuh negara di tiga benua yang akan disambangi.

Dipaparkan Arkadius, untuk kunjungan ke Jerman agendanya adalah pameran. Sumbar juga ikut sebagai peserta dalam pameran tersebut. Sementara di Leiden Belanda kunjungan akan dilakukan ke perpustakaan dan arsip. 

Salah satunya menelusuri arsip silsilah Raja Pagaruyung yang kerap diperselisihkan, di Leiden ini arsip terkait itu terbilang lengkap. Sedangkan untuk ke Hawai Arkadius mengaku belum begitu memahami subtansinya. Ia mengaku masih harus mempelajari dulu. "Sesuai aturan Kemendagri, satu tim berangkat maksimal 5 orang (dewan)," ujarnya.

Arkadius memastikan akan ikut, namun jadwal belum dipastikan. Sebab ia akan melihat kegiatan di DPRD dulu. Karena saat ini masih pembahasan APBD 2018, kemungkinan ia belum akan berangkat dalam waktu dekat. Perjalanan setiap dewan ini akan berlangsung enam hari, mulai dari berangkat hingga kepulangan. (h/len)

Editor: Bhenz Maharajo

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 16:14:00 WIB

    KPU Disarankan Pakai Tusuk Sate Saat Pilkada Demi Cegah Penyebaran Covid-19

    KPU Disarankan Pakai Tusuk Sate Saat Pilkada Demi Cegah Penyebaran Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Dirjen Pencegahan, Pengendalian, Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto memberikan sejumlah catatan penting terkait penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020. Catatan te.
  • Selasa, 23 April 2019 - 11:37:46 WIB

    Caleg Stres Bisa Berobat ke RSJ Pakai BPJS

    Caleg Stres Bisa Berobat ke RSJ Pakai BPJS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Para calon legislatif stres akibat kalah dalam Pileg 2019 di Provinsi Riau bisa berobat ke Rumah Sakit Jiwa Tampan, Pekanbaru dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Namun, pengobatan maupun perawa.
  • Senin, 18 Desember 2017 - 13:13:04 WIB

    Pakai Fasilitas Negara, Petahana Terancam

    Pakai Fasilitas Negara, Petahana Terancam PADANG, HARIANHALUAN.COM—Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Chandra Eka Putra mengatakan, jika petahana kedapatan menggunakan fasilitas negara saat masa kampanye maka KPU memiliki kewenangan untuk membatalka.
  • Rabu, 07 Juni 2017 - 17:08:17 WIB

    Baru Mendaftar, Cawako Padang Diperkenankan Pakai Atribut Nasdem

    Baru Mendaftar, Cawako Padang Diperkenankan Pakai Atribut Nasdem PADANG, HALUAN--DPD Partai Nasdem Kota Padang tunda jadwal pleno Bakal Calon (Balon) untuk Pilkada 2018, namun begitu Balon yang sudah mendaftar dipersilakan untuk menggunakan atribut dan nama partai Nasdem dalam kegiatan sos.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]