Pelesiran ke Tiga Benua, DPRD Sumbar Mengaku Tak Sedang Hamburkan Uang Rakyat


Selasa, 03 Oktober 2017 - 11:38:31 WIB
Pelesiran ke Tiga Benua, DPRD Sumbar Mengaku Tak Sedang Hamburkan Uang Rakyat Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Datuak Intan Bano (kiri).

DANG, HALUAN - Kepergian anggota DPRD Sumbar ke tiga benua secara bertahap, dikatakan Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius, untuk mengawasi kegiatan para pejabat Sumbar nan turut serta ikut.

"Untuk kunjungan ke luar negeri baik itu studi koperatif, melaksanakan sosialisasi, ataupun pameran produk berkaitan dengan kepentingan Sumbar, wajar DPRD ikut berangkat. Sebab pemerintahan daerah itu terdiri dari gubernur dan DPRD," tutur Arkadius.

Ini sejalan juga dengan tugas pokok dan fungsi DPRD membuat aturan, membahas anggaran dan melakukan pengawasan. Lanjut Arkadius, pihaknya melihat secara utuh kegiatan DPRD mendampingi perjalanan gubernur ke luar negeri adalah suatu langkah strategis mempercepat sinkronisasi kebijakan.

Begitu juga dalam tataran pengawasan terhadap kebijakan yang dilaksanakan, utamanya yang berhubungan dengan kunjungan-kunjungan ke luar negeri. OPD mana yang berangkat ke luar negeri dan kegiatannya apa yang dilakukan, hal ini dinilai perlu diawasi. "Yang akan berangkat itu komisi-komisi. Komisi ini sendiri adalah mitra strategis dari OPD. Saya ingin ingin sampaikan, perjalanan anggota DPRD ke luar negeri itu bukan suatu yang mubazir. Bukan jalan-jalan lah. Apalagi ini juga melalui persetujuan Kemendagri," tegas Arkadius.

Sebelumnya, terkait kunker DPRD ke luar negeri ini Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menyampaikan, dewan sifatnya mendampingi saja. “Ada undangan dari Pemprov Sumbar lalu kita diminta untuk mendampingi. Ada izin dari Kemendagri juga,” kata Hendra.

Hendra menegaskan, secara Undang-undang anggota DPRD diperbolehkan untuk studi banding ke luar negeri. "Diperbolehkan untuk menambah wawasan atau mendorong terjalinnya kerjasama. Undang-undang tak melarang. Namun jika ada fraksi atau partai yang melarang anggotanya pergi itu hak mereka," ucap Hendra. 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Oktober 2017 - 04:25:02 WIB

    Pakai Uang Rakyat, DPRD Sumbar Pelesiran ke Tiga Benua

    Pakai Uang Rakyat, DPRD Sumbar Pelesiran ke Tiga Benua Untuk negara yang dikunjungi, menurut Arkadius, diantaranya adalah Hawai Amerika Serikat, kemudian negara-negara di benua Eropa. Diantaranya, Jerman , Spanyol, Leiden Belanda dan Perancis. Sementara untuk negara di Asia anggo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]