Anggap Pemborosan, Fraksi NasDem di DPRD Sumbar Tolak Berangkat ke Tiga Benua


Selasa, 03 Oktober 2017 - 12:15:15 WIB
Anggap Pemborosan, Fraksi NasDem di DPRD Sumbar Tolak Berangkat ke Tiga Benua Risnaldi, Ketua Fraksi NasDem di DPRD Sumbar.

PADANG, HALUAN - Rencana DPRD Sumbar untuk berangkat secara bertahap ke tiga benua, rupanya mendapat penolakan dari dalam. Adalah Fraksi NasDem yang menolak rencana keberangkatan yang dianggap hanya menghamburkan uang rakyat tersebut.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumbar, Risnaldi menegaskan kalau pihaknya tak akan mengirim satupun anggota untuk berangkat. Di DPRD sendiri Fraksi Nasdem beranggotakan enam dewan. Dengan demikian dewan yang ke luar negeri bisa dikatakan berjumlah 59 orang. "NasDem menolak rencana ke luar negeri itu. Agendanya tidak penting. Ada hal yang lebih perlu dibandingkan hanya sekadar ke luar negeri," tegas Risnaldi, Senin (2/10).

Menurut Risnaldi, anggaran yang akan dipakai untuk kegiatan pelesiran keluar negeri ini adalah sekitar Rp10 miliar. Dana itu bersumber dari total  Rp6,4 triliun APBD Perubahan Sumbar Tahun 2017 yang pertengahan September lalu sudah ditetapkan. "Rp10 miliar untuk itu saja," papar Risnaldi.

Keberangkatan Anggota DPRD Sumbar untuk pelesiran ke luar negeri tinggal menghitung hari.  Jika sebelumnya diinformasikan keberangkatan perdana dewan akan dilakukan tanggal 27 Oktober, keberangkatan akan dipercepat 5 Oktober mendatang. Sekitar tujuh negara di tiga benua akan dikunjungi DPRD.

Untuk negara yang dikunjungi, menurut Arkadius, diantaranya adalah Hawai Amerika Serikat, kemudian negara-negara di benua Eropa. Diantaranya, Jerman , Spanyol, Leiden Belanda dan Perancis. Sementara untuk negara di Asia anggota DPRD akan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan. Dengan begini ada sekitar tujuh negara di tiga benua yang akan disambangi.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menyampaikan, dewan sifatnya mendampingi saja. “Ada undangan dari Pemprov Sumbar lalu kita diminta untuk mendampingi. Ada izin dari Kemendagri juga,” kata Hendra.

Hendra menegaskan, secara Undang-undang anggota DPRD diperbolehkan untuk studi banding ke luar negeri. "Diperbolehkan untuk menambah wawasan atau mendorong terjalinnya kerjasama. Undang-undang tak melarang. Namun jika ada fraksi atau partai yang melarang anggotanya pergi itu hak mereka," ucap Hendra. (h/len)

Editor: Bhenz Maharajo

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]