UPTD Pasar Sawahlunto Segel 66 Petak Toko


Selasa, 03 Oktober 2017 - 00:00:17 WIB
UPTD Pasar Sawahlunto Segel 66 Petak Toko SEGEL TOKO - UPTD Pasar Sawahlunto menyegel permanen 66 toko di Blok B dan C, karena tidak melakukan aktivitas perdagangan dan tidak melunasi kewajibam uang kunci serta sewa kios, Selasa (3/10). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN - Sebanyak 66 petak toko di blok B dan C Pasar Sawahlunto akhirnya disegel permanen oleh UPTD Pasar Dinas Koperindag setempat. Sebelumnya sebanyak 73 kios di blok B dan C lantai I dan II Pasar Baru Sawahlunto disegel sementara dikarenakan pemegang kios tidak melakukan aktivitas perdagangan lebih dari 4 tahun dan belum membayar tunggakan uang kunci kios.

 

Kepala UPT Pasar, Ahmad Zaini menjelaskan, penyegelan kali ini bersifat permanen, karena sudah melewati batas tempo waktu yang diberikan pihaknya yakni pada 10 September 2017 kemarin. Padahal jika ada itikad baik saat penyegelan sementara, maka pemilik kios masih bisa mendapatkan kiosnya kembali apabila telah menyelesaikan tunggakan uang kunci dan tunggakan sewa hingga September, setidaknya 25 persen dari jumlah tunggakan.

"Kami (UPT Pasar) terpaksa harus menyegel secara permanen karena sudah tahunan menungggak dan tak menjalankan aktifitas perdagangan. Dari semenjak menerima kunci sebagaian kios tidak buka dan tidak menjalankan kewajiban meski sudah diberikan peringatan sampai tiga kali , bahkan setelah dilakukan penyegelan sementara, hanya 7 orang pemilik yang beritikad baik," tutur Zaini kepada Haluan, Selasa (3/10).

 

Sebelumnya, dijelaskan Zaini, penyegelan kios yang menunggak pembayaran karena pemilik kios pasar di blok B dan Blok C sudah melanggar Peraturan daerah (Perda) nomor 13 tahun 2016 terkait pasal 23 ayat 1 huruf d, yakni akan ditarik kepemilikan kunci kios apabila pedagang pasar tak memanfaatkan atau beraktifitas perdagangan selama empat bulan, sementara kenyataan yang dilihat hingga kini sebagian besar kios sejak menerima kunci tak kunjung beraktifitas sejak 4 tahun silam.

“Kita tidak langsung menyegel kios tersebut, namun telah melewati tahapan dengan mensosialisasikan aturan yang mengikat serta memberikan teguran pertama, kedua serta sebelum menjatuhkan teguran ketiga terlebih dahulu dipanggil serta diberi tenggat satu bulan sebelum dijatuhkan sanksi dan penyegelan sementara dan penyegelan permanen. Untuk selanjutnya pihak UPT Pasar akan mulai membuka permohonan baru bagi pedagang yang berminat pada 16 Oktober 2017 mendatang," terangnya. (h/mg-rki/hel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]