Cagar Budaya Pasbar Minim Perhatian


Rabu, 04 Oktober 2017 - 14:20:52 WIB
Cagar Budaya Pasbar Minim Perhatian Lubang Jepang di Kecamatan Talamau, Pasaman Barat

PASBAR, HARIANHALUAN.COM — Objek wisata sejarah di Kabupaten Pasaman Barat masih minim perhatian, baik dari segi pembangunan maupun dari segi kebersihan, seperti objek wisata situs lobang jepang di Nagari Talu. Kondisi Lobang Jepang tersebut tampak tidak terawat dan rusak. Masyarakat berharap bukti sejarah tersebut bisa dilestarikan dan dijaga.

Salah seorang pengunjung objek wisata tersebut, Wilmar mengaku sedih melihat bukti sejarah bangsa sudah tidak menjadi perhatian bagi pemerintah. Padahal, bukti sejarah bangsa ini berguna untuk generasi penerus sebagai pedoman untuk menghargai perjuangan bangsa Indonesia.

“Kondisi situs sejarah lobang jepang yang terletak di Nagari Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat sungguh sangat memprihatinkan. Saya lihat beberapa lobang jepang tersebut terlihat rusak dan tidak terawat, bahkan beberapa lobang sudah hilang atau tertutup. Lobang jepang ini letaknya cukup strategis di pinggir jalan, masyarakat yang melewati jalan lintas Pasbar-Talu-Pasaman bisa singgah di lobang jepang tersebut. Jika sudah tidak terarawat siapa lagi yang mau singgah,” urai Wilmar.

Selain itu, secara historis bangunan tersebut sangat bersejarah dan memiliki potensi besar menjadi objek wisata andalan di Pasbar. Namun, jika tidak diperhatikan, besar kemungkinan situs lobang jepang tersebut akan hilang satu per satu.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 00:44:27 WIB

    Pameran Cagar Budaya Festival Pamalayu Dipadati Pengunjung

    Pameran Cagar Budaya Festival Pamalayu Dipadati Pengunjung DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Malam pembukaan Artevat Kuno Pameran Cagar Budaya Festival Pamalayu dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Dharmasraya ke-16 tahun 2020, Kamis (2/1) dipadati ribuan pengunjung.
  • Senin, 16 April 2018 - 18:12:55 WIB

    BPCB Sumbar: Banyak Cagar Budaya yang Belum Ditemukan di Pariaman

    BPCB Sumbar: Banyak Cagar Budaya yang Belum Ditemukan di Pariaman PADANG PARIAMAN,  HARIANHALUAN.COM--Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar mengadakan sinergitas publikasi pelestarian cagar budaya di Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Senin (16/4). .
  • Selasa, 09 Januari 2018 - 23:36:27 WIB

    Cagar Alam Maninjau diusulkan Jadi Pusat Penelitian

    Cagar Alam Maninjau diusulkan Jadi Pusat Penelitian AGAM, HARIANHALUAN.COM- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat, bakal mengusulkan kawasan Cagar Alam Maninjau menjadi pusat penelitian kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Hal itu t.
  • Rabu, 03 Januari 2018 - 18:24:13 WIB

    Mak Itam Sawahlunto Diusulkan Jadi Benda Cagar Budaya

    Mak Itam Sawahlunto Diusulkan Jadi Benda Cagar Budaya SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Dinas Kebudayaan Peninggalan Sejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto, mengusulkan sebanyak 45  peninggalan bersejarah di Kota Arang itu menjadi Benda Cagar Budaya (BCB) . .
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 03:24:09 WIB

    Masjid Tuo Kayu Jao, Situs Cagar Budaya Minim Sentuhan

    Masjid Tuo Kayu Jao, Situs Cagar Budaya Minim Sentuhan Arosuka, Haluan — Masjid Tuo Kayu Jao yang terletak di kenagarian Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia karena berdiri sejak tahun 1599M. Kondisi masjid tuo .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]