65 Ribu Warga Sumbar Menyalahgunakan Narkoba, Ganja Terpopuler


Rabu, 04 Oktober 2017 - 15:15:55 WIB
65 Ribu Warga Sumbar Menyalahgunakan Narkoba, Ganja Terpopuler Ilustasi.NET

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Barat mencatat sebanyak 63 ribu warga di Sumbar menyalahgunakan narkoba.

"Pengguna narkoba terbanyak di Sumbar terjadi di wilayah Kota Padang kemudian disusul Payakumbuh dan Pasaman. Sedangkan kategori pengguna terbanyak berasal dari kalangan pelajar dan Mahasiswa, dengan barang yang banyak digunakan adalah ganja," kata Kepala BNNP Sumbar Brigjen. Pol. Drs. Syamsul Bachri saat menyambangi BNN Kota Sawahlunto, Rabu (4/10).

Menurut Samsul, kenapa ganja, karena ganja dianggap murah, cukup terjangkau untuk uang belanja sekolah. Selain itu peredaran ganja juga termasuk dekat dengan wilayah Sumbar yakni dari Aceh.

Saat ini sebut jenderal polisi bintang satu itu, peredaran narkoba sudah masuk ke seluruh kalangan masyarakat baik pejabat, buruh, pedagang, pegawai negeri hingga pelajar.

"Tidak ada satu profesi yang luput dari jeratan narkoba, untuk itu butuhkan kerja keras dari semua pihak untuk menberantas peredaran di lingkungan mereka," ungkapnya.

Disebutkannya juga,  saat ini pihaknya terus berupaya melakukan tindakan pemberantasan, termasuk upaya pencegahan baik melalui sosialisasi melalui seminar dan diskusi bahaya narkoba. Sejauh ini pihaknya lebih banyak memberikan sosialisasi kepada para pelajar karena mereka paling rentan menjadi target para pengedar narkoba.

Terkait penindakan, pihaknya akan bersikap tegas terhadap penangkapan terhadap pemakai narkoba terutama bagi mereka yang menginginkan rehabilitasi.

"Kami ingin memberikan efek jera terhadap para pengguna narkoba, jika ada yang ditangkap kami akan proses langsung secara hukum. Bagi mereka yang masuk kategori sebagai pecandu yang ingin mengobati dirinya. Kalau direhab tapi tetap tidak berubah maka akan kami proses secara hukum sehingga menimbulkan efek jera bagi mereka yang menggunakan," katanya.(h/mg-rky)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]