Dilarang Sang Ibu, Anggota DPRD Sumbar Batalkan Pelesir ke Eropa


Kamis, 05 Oktober 2017 - 12:35:58 WIB
Dilarang Sang Ibu, Anggota DPRD Sumbar Batalkan Pelesir ke Eropa Hidayat

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Sumbar, Hidayat akhirnya membatalkan keberangkatannya ke Jerman. Alasan pembatalan Hidayat membuat hati terenyuh. Ketua Komisi V itu urung berangkat karena dilarang ibunya. 

Bagi Hidayat, sang ibu adalah puncak kehormatan. Sebab itu dia undur diri dari rangkaian kunjungan ke tiga benua, yang dilakukan DPRD Sumbar secara bertahap. Walau sudah jadi orang besar. Wakil rakyat yang punya kuasa dan bersuara lantang di parlemen, di depan ibunya Hidayat tetaplah sosok kanak-kanak yang tak berani melawan.

"Alasannya mungkin subyektifitas, saat saat minta izin sama ibu saya, ibu saya melarang. Kalau sudah ibu yang bicara, saya bisa apa," tutur Hidayat saat berbincang dengan Haluan, siang sekarang.

Disebut Hidayat, pembatalan keberangkatannya ini sama sekali bukan karena dirinya terpengaruh dengan penolakan yang bermunculan seiring adanya rencana keberangkatan DPRD untuk kunker ke luar negeri. Sedari awal Hidayat yakin berangkat karena ia melihat ada agenda diplomasi kebudayaan yang berujung pada promosi wisata Sumbar pada kunjungan ke Jerman. Selain telah diizinkan Kemendagri partainya juga tidak melarang.

"Saya pribadi mulanya siap berangkat, karena kunjungan ini saya lihat strategis dan akan ada untungnya untuk Sumbar. Ini juga adalah kunjungan kerja mendampingi OPD, bukan studi banding DPRD. Secara konstitusi ada hak anggota DPRD minimal satu kali kunjungan selama satu kali masa sidang. Namun karena ibu saya meminta, jangan. Diputuskan tidak," tegas Hidayat.

Dengan adanya pembatalan keberangkatan, Hidayat mengaku siap menerima konsekuensi administrasi dari keputusan yang ia ambil. Apakah nanti disuruh mengembalikan atau mengganti pembiayaan yang mungkin telah terpakai untuk proses administrasi, ia mengaku siap. (h/len)


Editor: Bhenz Maharajo

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 18:11:33 WIB

    Fix..! Eks Koruptor Tak Dilarang Maju di Pilkada 2020

    Fix..! Eks Koruptor Tak Dilarang Maju di Pilkada 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - KPU akhirnya menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan dalam Pilkada 2020. Dalam PKPU itu, mantan terpidana korupsi tak dilarang maju di Pilkada 2020..
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50:42 WIB

    Mahasiswa Dilarang Demo Sampai 20 Oktober Karena Rawan Ditunggangi

    Mahasiswa Dilarang Demo Sampai 20 Oktober Karena Rawan Ditunggangi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta mahasiswa tidak melakukan aksi unjuk rasa atau demonstrasi menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.
  • Ahad, 14 Oktober 2018 - 20:19:56 WIB

    Ferry Mursyidan Kecewa, Seminar Kebangsaan di UGM Dilarang 

    Ferry Mursyidan Kecewa, Seminar Kebangsaan di UGM Dilarang  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan merasa kecewa dengan pembatalan secara sepihak seminar kebangsaan di Universitas Gadjah Mada (UGM)..
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 10:21:58 WIB
    CARA PKPI DALAM BERKAMPANYE

    Ambil Hati Pemilih, Dilarang Berjanji Muluk

    Ambil Hati Pemilih, Dilarang Berjanji Muluk Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sumbar, diminta jangan memberi janji-janji saat kampanye kepada masyarakat. Namun diminta mengambil hati masyarakat dan buktikan setelah diberi kepe.
  • Senin, 23 Juli 2018 - 17:24:42 WIB

    MK Ketuk Palu,  Pengurus Parpol Dilarang Jadi Anggota  DPD

    MK Ketuk Palu,  Pengurus Parpol Dilarang Jadi Anggota  DPD JAKARTA, HARIANHALUAN.Com-Atas uji materi itu diajukan Muhammad Hafidz, MK (Mahkamah Konstitusi) memutuskan  mengabulkan permohonan pengujian Pasal 128 huruf l Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]