Dilantik, Fordebi Sumbar Sorot Kondisi LPN


Kamis, 05 Oktober 2017 - 16:27:37 WIB
Dilantik, Fordebi Sumbar Sorot Kondisi LPN Ketum Fordebi Pusat, Dr. Aji Dedi Mulawarman

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sumbar menjadi daerah pertama di Sumatera yang memiliki organisasi profesi dosen ekonomi dan bisnis islam. Hal ini ditandai dengan dilantiknya pengurus Forum Dosen EkonomidanBisnis Islam (Fordebi) wilayah Sumbar, Rabu (4/10) kemarin.

Pelantikan pengurus Fordebi Sumbar yang diketuai Dr. Nurul Fauzi itu dilakukan langsung Ketua Umum Fordebi Pusat, Dr. Aji Dedi Mulawarman di Kampus Politeknik Negeri Padang (PNP). Nurul yang dosen Akuntansi PNP ini dibantu pengurus yang berasal dari dosen ekonomi dari seluruh PTN dan PTS di Sumbar

Pada pelantikan yang dihadiri OJK Sumbar, Komisaris PT Semen Padang yang juga pengurus Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Sumbar , dan lembaga-lembaga keuangan syariah dan pimpinan dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Barat, Ketum Fordebi Dr. Aji Dedi yang dosen Universitas Brawijaya ini mengatakan forum ini merupakan wadah yang menghimpun kerjasama antara perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk mendorong dan menciptakan akselarasi penyediaan sumber daya insani di bidangekonomi Islam, manajemen dan bisnis Islam, dan akuntansi syariah.

“Salah satu bentuk kerjasamanya penyusunan kurikulum pendidikan yang siap pakai untuk perguruan tinggi sebagai agenda utamanya. Lalu, membangun kemitraan strategis dengan berbagai lembaga dan institusi baik di level nasional maupun internasional juga menjadi agenda penting FORDEBI,”katanya sambil menyebut Fordebi lahir dari hasil Workshop Nasional Pertama Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen dan Bisnis Islam, dan Akuntansi Syariah di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang pada 7-8 Mei 2010 lalu.

Selain kegiatan pelantikan, acara yang dihadiri lebih dari 150 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi tersebut juga dilaksanakan seminar yang dibuka langsung oleh Direktur PNP, Aidil Zamri ST, MT. Sejumlah narasumber, seperti Dr. Aji Dedi sendiri, Dr. Ari Kamayanti (Direktur Peneleh Research Institute) dan Nurul Fauzi tampil dalam seminar bertajuk Arsitektur Kesejahteraan Semesta.

Dalam seminar yang dimoderatori Dr. Amy Fontanella, dosen Akuntansi PNP juga dibahas terkait perkembangan lembaga keuangan lokal, lumbung pitih nagari (LPN) oleh Nurul Fauzi. Ia menyebut, LPN awalnya didirikan untuk mendorong ekonomi masyarakat dan pembangunan nagari dan dimiliki oleh nagari. Namun saat ini mengalami pergeseran dan dinamika yang didominasi nilai-nilai kapitalisme sehingga hilangnya rasa kepemilikan anak nagari.

Menurut Nurul Fauzi yang kandidat doktor Universitas Brawijaya, Fordebi Sumbar juga melaksanakan workshop metodologi penelitian berbasis tauhid yang ditujukan kepada peserta yang berasal dari dosen-dosen dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar. (h/rel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]