Satpol PP Payakumbuh Bongkar Tambang Pasir Ilegal


Kamis, 05 Oktober 2017 - 19:01:50 WIB
Satpol PP Payakumbuh Bongkar Tambang Pasir Ilegal TAMBANG ILEGAL - Kepala Satpol PP arahkan masyarakat untuk mengurus izin galian C berupa tambang pasir di sungai Batang Sinamar. IST

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Limapuluh Kota membongkar aktifitas tambang pasir ilegal yang beroperasi disepanjang Sungai Batang Sinamar, Rabu (4/10) siang. Ada 7 titik yang aktifitas tambang yang dirazia oleh tim penegak Perda Kabupaten Limapuluh Kota tersebut.

“Ada 7 titik yang kita razia bersama tim gabungan dengan TNI dan Polri,” terang Nasryanto Kepala Satpol PP Kabupaten Limapuluh Kota. Ke-7 titik tersebut, berada di Nagari Bukik Sikumpa, Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Seluruh tambang pasir kita datangi. Bagi yang tidak miliki izin terpaksa kita hentikan,”ucap Nasryanto. Target operasi yang dilakukan, yakni terhadap tambang pasir yang menggunakan mesin dompeng.

“Ini masuk dalam galian C yang tidak miliki izin. Seluruh galian C yang kena operasi tersebut, merupakan milik masyarakat,”ucapnya. Setelah melarang beroperasinya galian C tanpa izin tersebut, Satpol PP meminta kepada pengelola untuk mengurus izin ke pemerintah.

“Selama tidak memiliki izin, kita larang tambang untuk beroperasi,” ucapnya lagi.

Satpol PP mencopot peralon yang melekat pada mesin dompeng penggerut pasir supaya tambang tidak beroperasi lagi.

“Selama razia berlangsung, berjalan kondusif. Tidak ada perlawanan dari pengelola. Kita juga meminta pengelola mengurus izin secepatnya,”ucapnya . Kata Nasyanto, beberapa hari kedepan Satpol PP serta dibantu oleh TNI Polri akan terus menertibkan terhadap tambang pasir ilegal di sepanjang sungai Batang Sinamar.

“Besok, operasi terhadap galian C ilegal ini akan terus berlanjut. Kita bersama TNI Polri terus menertibkan tambang ilegal di Limapuluh Kota,” terangnya lagi. (h/ddg)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]