Nagari Tabek Patah Bakal Punya Balai-balai Adat


Kamis, 05 Oktober 2017 - 20:06:32 WIB
Nagari Tabek Patah Bakal Punya Balai-balai Adat Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt Indo marjao Nan Bapayuang Ameh lakukan peletakan batu pertama, Kamis (5/10).

TADAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Badan Kerapatan Adat Nagari Tabek Patah, akan membangun Balai Kerapatan Adat dengan anggaran Rp. 1.5 Miliar. Pelatakan batu pertama pembangunan balai adat tersebut secara resmi dilakukan oleh Nurhamdi Zahari,  Kamis, (5/10).

Dari informasi yang diterima haluan, pembangunan balai-balai adat ini menelan biaya sebesar RP 1,5 milyar, dan tahap pertama dialokasikan dana sebesar Rp 300 juta yang berasal dari dana pokok pikiran anggota DPRD Tanah Datar, Nurhamdi Zahari Dt Indomarajo Nan Bapayuang Ameh.

"Pembangunan Kantor KAN ini kami merencanakan selesai selama 5 tahun, namun menurut anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari mempercepat pembangunannya selesai pada tahun 2019, dan beliau siap memperjuangkan hal itu," sebut PJ Walinagari Tabek Patah Heru Rahman. 

Dikatakan, sebagai putra asli Tabek Patah dan satu-satunya wakil Kecamatan Salimpaung, Nurhamdi Zahari telah banyak memperjuangkan pembangunan di daerah ini termasuk pembangunan Kantor KAN Tabek Patah, yang telah lama diimpikan oleh warga dan Ninik Mamak setempat, tambahnya lagi. 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM)Tanah Datar, Irsal Very Idrus Dt Lelo Sampono yang juga putra Salimpaung, menurutnya dengan adanya wakil Salimpaung di DPRD Kabupaten Tanah Datar, telah banyak membawa perubahan khususnya di Tabek Patah dan umumnya Kecamatan Salimpaung.

“Sebagai contoh pembangunan balai-balai adat ini tidak akan terwujud apabila tidak ada wakilnya di DPRD seperti Nurhamdi Zahari Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh, mungkin hanya tinggal mimpi, nah impian ini diwujudkan olehnya melalui dana Pokok Pikiran, untuk itu Saya atas nama LKAAM Tanah Datar, umumnya dan Kecamatan Lima Kaum memberikan apresiasi yang tinggi terhadap perjuangan dan sumbangsih dari Nurhamdi Zahari," Ungkapnya tulus.

Disampaikan, kepedulian Nurhamdi zahari yang juga salah seorang ninik mamak di Tabek Patah terhadap Pembangunan adat maka beliau akan diusulkan untuk masuk struktur LKAAM Tanah Datar agar dapat meperjuangkan keluhan ninik mamak se Tanah Datar.

Sementara itu, Nurhamdi Zahari Dt Indo marajo Nan Bapayuang Ameh mengungkapkan trima kasih atas dukungan seluruh warga Tabek Patah sehingga dirinya mampu mewujudkan impian masyarakat Tabek Patah untuk mempunyai balai-balai adat.

“Namun untuk kelancaran pembangunan hingga finishing sangat dibutuhkan dukungan dari seluruh elemen baik yang ada dirantau maupun di kampung agar apa yang dicita-citakan baik pembangunan balai adat maupun pembangunan kesejahteraan warga bisa terwujud. Sebagai putra daerah sudah menjadi kewajiban bagi saya untuk terus memperjuangkan kepentingan Nagari Tabek patah khususnya dan kecamatan Salimpaung umumnya dan tak ketinggalan juga Tanah datar secara keseluruhannya," tegasnya.

Peletakan batu pertama itu dimulai dengan Nurhamdi Zahari, disusul ketua LKAAM dan Camat Liza Martini dan Walinagari Heru Rahman, Walianagari terpilih Krisman Dt Rajo Nan kayo serta disaksikan oleh masyarakat dan undangan.(h/mg-rul) 

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]