Tanah Datar Nominasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional


Jumat, 06 Oktober 2017 - 01:10:27 WIB
Tanah Datar Nominasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional WABUB Zuldafri Darma foto bersama dengan tim penilai kabupaten/kota sehat dari pusat, Rabu, (4/10). KHAIRUL

TANAH DATAR, HALUAN - Kabupaten Tanah Datar mendapat kunjungan sekaligus mendapat penilaian dari tim pusat, terkait penilaian kabupaten/kota sehat tahun 2017, Rabu (4/10). Kunjungan tim pusat tersebut, disambut langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma bersama Forkopimda, Ketua Forum Kabupaten Tanah Datar Sehat dan seluruh anggota forum di Indo Jolito.

 

Wabup Zuldafri Darma dalam sambutannya di depan tim penilai menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada ketua tim dan anggotanya atas ditetapkannya Kabupaten Tanah Datar sebagai salah satu dari 7 kabupaten/kota di Sumatera Barat yang lolos verifikasi bedah dokumen kabupaten sehat tahun 2017.

 

Wabub mengatakan, terpilihnya Kabupaten Tanah Datar ini merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi pemerintah dan maayarakat Kabuoaten Tanah Datar. Selain itu, menurutnya ini juga buah dari kerja keras forum kabupaten sehat, tim pembina, OPD serta seluruh masyarakat Tanah Datar yang telah berusaha dengan keras untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang sehat.

 

"Kami sangat bangga dan terharu atas terpilihnya satu dari 7 kabupaten/kota sehat yang ada di indonesia," ujarnya lagi.

 

Ia juga mengatakan, dalam dua hari ini dan besok, ketua dan anggota tim verifikasi akan melakukan kunjungan lapangan langsung ke beberapa lokasi 4 tatanan dari 9 tatanan yang dipilih Kabupaten Tanah Datar, diantaranya tatanan kawasan pemikiman dan prasarana sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi serta tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

 

Menurut Zuldafri Darma, program kabupaten sehat ini merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemda dengan masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berkaitan langsung dengan masalah lingkungan fisik dan sosial.

 

Di Kabupaten Tanah Datar, program kabupaten sehat ini dimotori oleh forum kabupaten sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Sementara untuk tingkat kecamatan dipandu oleh forum komunikasi kecamatan sehat dan ditingkat desa/nagari oleh pokja nagari sehat. Artinya dalam upaya percepatan pencapaian kabupaten sehat pemda Tanah Datar telah melakukan upaya yang maksimal dan didukung oleh seluruh lintas sektor dan penggerak PKK dan seluruh masyarakat.

 

Diakhir sambutannya, Zuldafri Darma berharap dalam penilaian kabupaten sehat tahun 2017 ini, Kabupaten Tanah Datar mampu menjadi yang terbaik dari seluruh kabupaten/kota yang diverifikasi.

 

Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Verifikasi Dading Setiawan mengatakan, pada tahun 2017 ini ada 173 kabupaten/kota dari 26 provinsi diseluruh Indonesia yang ikut dalam pemilihan kabupaten/kota sehat. Kabupaten Tanah Datar, salah satu yang ikut dalam verfikasi penilaian ini.

 

Ia juga mengatakan kedatangan tim verifikasi ini dalam rangka mensinkronkan antara data dan fakta yang ada dilapangan secara langsung. “Apakah data yang telah dikirim oleh forum itu benar-benar riil dengan kenyataan yang ada di lapangan," ujarnya.

 

Selain itu, pihak Ketua Forum Kabupaten Sehat Yasmansyah dalam eksposnya menyampaikan, untuk memenuhi harapan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar dalam meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda tingkat Nasional. Forum Kabupaten Sehat telah berkerja dan berupaya dengan menyelenggarakan kabupaten sehat di 10 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Tanah Datar.

Dan dari 10 kecamatan tersebut ditetapkan 4 tatanan sebagai indikator yaitu kawasan pemikiman, sarana dan prasarana yang sehat, ketahanan pangan dan gizi, pariwisata sehat dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Dalam mewujudkan semua itu menurut Yasmansyah forum telah duduk bersama dengan tim Pembina untuk menyusun rencana kerja serta penentuan tatanan yang akan diikuti dalam penilaian, selain itu forum juga telah melakukan sosialisasi dan pembinaan ketingkat kecamatan dan desa/nagari terkait dengan kabupaten sehat. (h/mg-rul)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]