Pasbar Luncurkan Aplikasi Saiyo Center


Jumat, 06 Oktober 2017 - 01:12:19 WIB
Pasbar Luncurkan Aplikasi Saiyo Center SEKDA Pasbar Manus Handri memberikan sambutan sebelum melakukan peluncuran aplikasi layanan masyarakat Saiyo Center. OSNIWATI

PASBAR, HALUAN — Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (5/10) resmi meluncurkan aplikasi berbasis online dengan nama Saiyo Center pengaduan layanan masyarakat. Peluncuran Saiyo Center berpedoman kepada Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keluhan masyarakat bisa disampaikan ke nomor 0811 6668 707.

Peluncuran langsung dilakukan oleh Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri di aula kantor bupati setempat. Layanan pengaduan masyarakat yang terpusat di Dinas Komunikasi dan informasi (Diskominfo) ini menampung keluhan masyarakat Pasbar yang tidak puas dengan pelayanan pemerintah. Pengaduan ini mencangkup seluruh keluhan masyarakat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pasbar.

Menurut Manus Handri, apa yang dilakukan oleh Diskominfo sudah sesuai dengan UU KIP. Pasalnya sekarang ini paradigma sudah berkembang dari zaman ke zaman. Ketersedian informasi  merupakan suatu kewajiban bagi pelayan publik. Jika keluhan masyarakat tidak diakomodir maka isu atau keluhan akan berkembang dengan sendirinya.

“Sekarang ini zaman sudah mulai berubah, masyarakat sudah cerdas dan selalu ingin tahu tentang sesuatu. Tidak hanya itu saja, masyarakat tidak segan-segan lagi menyampaikan keluhan jika tidak puas dengan layanan pemerintah. Untuk itu, sudah tepat apa yang dilakukan oleh Kominfo dengan menyediakan pengaduan masyarakat,” ucap Manus Handri.

Manus Handri menambahkan, sekarang ini siapa yang menguasai media maka Dialah menguasai dunia. Dengan komunikasi yang baik,  akan tercapai pelayanan yang maksimal. Selain itu, seluruh OPD harus menyediakan papan informasi. Agar informasi cepat tersebar baik dari atasan maupun dari bawahan.

“OPD wajib menjawab keluhan yang disampaikan oleh masyarakat melalui nomor yang telah di tampilkan,” urai Manus Handri.

Sementara itu, Ketua Dinas Komunikasi dan Informasi Pasbar Dalpesri Bahar mengatakan program yang diluncurkan oleh Diskominfo merupakan menjawab tantangan zaman tentang informasi publik. Program yang diluncurkan oleh Kominfo merupakan salah satu upaya Pasbar untuk keluar dari ketertinggalan, salah satunya dari segi informasi.

“Dengan diluncurkannya program ini kita berharap keterbukaan informasi publik di Pasbar ikut dirasakan oleh masyarakat. Kita koordinasi dengan seluruh OPD di Pasbar untuk ikut mengawasi dan menjawab keluhan yang masuk ke pusat layanan kita. Proses menjawab keluhan masyarakat itu nanti ada penilaian tergantung lawanya waktu menjawab pengaduan masyarakat tersebut,” kata Dalpesri Bahar.

Adapun cara masyarakat menyampaikan pengaduan yakni Ketik Saiyo # isi pengaduan kirim ke 08116668707. (h/ows)


loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]