PUNCAK PEMBERIAN OBAT FILARIASIS

Dinkes Sawahlunto Sasar Seluruh Instansi


Jumat, 06 Oktober 2017 - 01:17:02 WIB
Dinkes Sawahlunto Sasar Seluruh Instansi OBAT FILARIASIS - Suasana minum obat masal anti kaki gajah di Polres Sawahlunto, Kamis (5/10). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN - Tim Belkaga Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto turun langsung menyasar ke berbagai instansi, mulai dari sekolah, puskesmas, posyandu, kantor, lembaga pemasyarakatan (lapas) dan Polres, guna memastikan pemberian obat masal anti penyakit filariasis atau kaki gajah dikota ini tuntas atau terkonsumsi 100 persen.

 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kesmas P2P) Dinas Kesehatan Sawahlunto, dr Al Anshari mengatakan, tahun kelima atau tahun terakhir program ini harus tuntas, semua masyarakat wajib meminumnya.

"Kalau ini tidak tuntas, dan ditemukan adanya kasus kaki gajah maka program ini harus diulangi dari awal," sebut Al Ansari, Kamis (5/10).

 

Didampingi Kasi P2 Sriwaresky Ismal SKm dan Pengelola program Mulya cahyana,SKM disebutkan , pihaknya akan menjemput yang tertinggal dengan mendatangi setiap rumah warga yang tidak memdapatkan atau meminumnya. Petugas lanjutnya akan memastikan warga tersebut meminum obat anti kaki gajah itu.

 

Saat ini pihaknya juga sangat bersyukur atas kerjasama dan dukungan dari instansi yang ada, seperti sekolah, lapas san juga kepolisian resor Sawahlunto yang mendukung penuh dan memfasilitasi personil agar meminum obat tersebut.

"Meski kasus kaki gajah sangat kecil ditemukan di Sa­wah­lunto yakni hanya 3 kasus saja, penyakit ini menjadi prioritas untuk diberantas," katanya.

 

Terkait adanya ketakutan masyarakatakan efek samping dari obat itu, dinas kesehatan menjamin tidak akan berakibat buruk bagi kesehatan masyarakat itu sendiri, dimana reaksi obat pertanda obat tersebut bekerja. Minum obat anti kaki gajah sebutnya merupakan investasi kese­hatan jangka panjang, masyarakat akan terhindar dari kecacatan permanen yang diakibatkan oleh cacing filariasis tersebut.

"Kita mengimbau agar masyarakat tidak takut untuk meminumnya. Dan kepada OPD dan lintas sektor lainnya, bisa ikut mendorong lingkungannya agar menuntaskan program minum obat masal anti kaki gajah, sehingga Sawahlunto bebas dari kasus Filariasis," imbaunya. (h/rki/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]