TANDATANGANI MOU TERTIB LALU LINTAS

Hendri Arnis Edukasi Pengendara Ojek


Jumat, 06 Oktober 2017 - 01:22:36 WIB
Hendri Arnis Edukasi Pengendara Ojek TEKEN MOU - Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis saat menadatangani MoU tertib berlalu lintas, di Gedung M Syafei Paddang Panjang. APIZ JACKSON

PADANG PANJANG, HALUAN Mewujudkan Kota Padang Panjang sebagai kota yang tertip berlalulintas, Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang gelar sosialisasi tata tertib lalu lintas terhadap pengendara ojek se-Kota “Serambi Mekah”. Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU tertib lalu lintas antara Pemko dengan Polres Padang Panjang.

Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis mengatakan, sosialisasi ini sengaja dilakukan untuk mengantisipasi fenomena kejahatan sekaligus banyaknya pelanggaran pada kendaraan bermotor di Padang Panjang khususnya bagi pelajar yang menggunakan motor, sudah perlu ada perhatian khusus dari stakeholder, baik dari Dishub ataupun Satlantas.

“Kita ingin memberikan edukasi kepada pengendara ojek , agar pengendara ojek di Padang Panjang bisa tertib berlalu lintas di jalan raya,” ungkap Hendri Arnis.

Walikota mengatakan, dengan sosialisasi ini diharapkan pengendara roda dua memahami fungsi dan arti rambu lalu lintas yang ada. Tidak hanya itu, pengendara juga diminta melengkapi kelengkapan berkendaraan. Dengan begitu tertib lalu lintas tercapai dan angka kecelakaan bisa ditekan.

Kepala Dinas Perhubungan Padang Panjang, I Putu Venda mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Padang Panjang khususnya pengendara ojek dan pelajar agar lebih memahami rambu dan tertip berlalu lintas. Untuk menanamkan pemahaman dan pengertian yang baik terhadap ketentuan dan tata cara berlalu lintas dengan baik.

“Kita ingin agar secara perlahan pengendara ojek menjadi berperilaku tertib berlalu lintas di jalan raya. Ini sangat penting karena saat ini pertumbuhan pengguna sepeda motor di masyarakat semakin meningkat. Sehingga perlu pemahaman dan pengertian yang lengkap terhadap tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Sebagai bentuk upaya dalam menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas, Pemko Padang Panjang dan jajaran kepolisian, melaksanakan kegiatan pembinaan dan penyuluhan tentang budaya tertib berlalu lintas khususnya komunitas ojek di Padang Panjang.

Pihaknya juga telah melakukan pendataan terhadap ojek di Kota Padang Panjang. Saat ini ada 800 pengendara ojek yang akan dilegalitaskan untuk mengantisipasi masuknya ojek luar.

“Kita akan berikan komuniti ojek yang terdata Dinas Perhubungan untum memgantongi Kartu Tanda Anggota (KTA),” sebut I Putu Venda.

Kapolres Padang Panjang, AKBP, Cepi Noval, Dalam paparannya memberikan, pembekalan tentang tentang pentingnya keselamatan dan tertib berlalu lintas, sekaligus membangun etika dan kesadaran pengendara berkendara roda dua secara benar dan aman.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap agar tukang ojek tidak hanya bisa aman dalam berkendaraan seperti menggunakan helm dan tidak menelepon saat mengojek, menggunakan jalur kiri, serta menyalakan lampu pada siang hari, namun juga sekaligus mengingatkan masyarakat yang menggunakan sepeda motor agar mengedepankan keselamatan,” ujar kapolres.

Dikatakannya, pekerjaan tukang ojek ini memang pekerjaan nonformal yang halal serta manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. Sejauh ini kedisiplinan tukang ojek Kota Padang Panjang masih kurang. Itu terbukti dengan angka pelanggaran dan kecelakaan yang terjadi.

Padang Panjang Anti Gojek

Sementara, Ketua DPRD Padang Panjang, Novi Hendri mewarning Pemko Padang Panjang untuk menolak kehadiran Gojek di Kota Padang Panjang. Pasalnya, di Padang Panjang sendiri telah ada komunitas ojek sebagai pekerjaan non formal yang harus diperjuangkan Pemko Padang Panjang.

“Jelas, secara beransur Gojek akan membunuh mata pencarian masyarakat yang selama ini menjafi sandaran kehidupan. saya pribadi tidak inginkan Gojek di Padang Panjang,” tegas Novi Hendri diamini oleh ratusan pengendara ojek. (h/pis/hel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 20:56:32 WIB

    Dilantik Jadi Ketua PPWI, Mon Hendri Cetuskan 3 Program Prioritas

    Dilantik Jadi Ketua PPWI, Mon Hendri Cetuskan 3 Program Prioritas TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Setelah dilantik sebagai Ketua Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Tanah Datar, Mon Hendri langsung mencetuskan tiga program kerja prioritas..
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 23:34:33 WIB

     Peringati Hari Bela Negara, Mahyeldi-Hendri Septa Serahkan Bantuan Korban Banjir

     Peringati Hari Bela Negara, Mahyeldi-Hendri Septa Serahkan Bantuan Korban Banjir PADANG,HARIANHALUAN.COM- Napak Tilas perjuangan PDRI dalam rangka peringatan Hari Bela Negara 2019 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Padang di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Solok Selatan, tidak hanya membangkitkan s.
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 22:47:04 WIB

    H. Hendri: Sinergitas Kemenag dan Ormas Memperkokoh NKRI

    H. Hendri: Sinergitas Kemenag dan Ormas Memperkokoh NKRI PADANG, HARIANHALUAN.COM — Untuk mewujudkan visi, misi, serta program kerja Kementerian Agama (Kemenag), maka kerja sama dengan lintas organisasi massa dan keummatan adalah sebuah keniscayaan. Terlebih dengan Nahdatul Ulama.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 01:23:55 WIB

    Hendri Arnis-Mawardi Bawa Padang Panjang Bertabur Prestasi

    Hendri Arnis-Mawardi Bawa Padang Panjang Bertabur Prestasi PADANG PANJANG, HALUAN — Pasca dilantik 1 Oktober 2013 oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di gedung DPRD Padang Panjang, pasangan Walikota Hendri Arnis dan Wakil Walikota Mawardi langsung membawa perubahan untuk k.
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:21:54 WIB

    Hendri Arnis Kumpulkan Kendaraan Dinas

    Hendri Arnis Kumpulkan Kendaraan Dinas PADAN PANJANG, HALUAN — Walikota Padang Panjang, Hendris Arnis menginstruksikan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko), untuk mengumpulkan semua kendaraaan dinas yang dipaka.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]