Kejari Agam Tahan Mantan Petugas Baznas


Jumat, 06 Oktober 2017 - 10:08:29 WIB
Kejari Agam Tahan Mantan Petugas Baznas Ilustasi/Haluan
" Ya, kita sudah menahan tersangka “M”. Tersangka saat ini, sudah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Padang Lansano, Lubuk Basung," katanya.

Ia menjelaskan, laporan mulai datang dari awal Maret 2017 dari masyarakat. Sejak saat itu kejaksaan melakukan pemeriksaan secara maraton sampai ke 80 sekolah ditambah instansi dinas pendidikan. Dari hasil dia terungkap melakukan penggelapan serta pungutan liar.

" BAZ Agam mengalami kerugian mencapai Rp85 juta akibat ulah MD. M diduga melakukan penggelapan dana zakat para guru di 10 sekolah di Lubuk Basung dan Palembayan. Demi memudahkan proses penyempurnaan berkas kita memutuskan untuk melalukan penahanan," jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka MD ini dipercaya BAZ Agam sejak periode 2009 sampai 2013. Dia mulai menggelapkan dana zakat ini sejak 2012 dan 2013. Dalam waktu dekat pihaknya akan menyiapkan untuk persidangan.

Ia melakukan aksinya dengan melakukan pemalsuan terhadap kwitansi. Ada dana zakat yang tidak disetorkan ke BAZ. Ada pula yang sifatnya pemalsuan data, dipungut sekitar Rp1 juta namun hanya disetor separuh. Dikatakannya, perbuatan nekad itu dilakukan tersangka dengan alasan, sangat minimnya operasinal yang didapat.

" Dari keterangan Baznas biaya operasional ke lapangan berkisar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah sekali jalan, selain itu juga diberikan gaji tetap. Atas perbuatannya MD dijerat pasal 8 dan pasal 9 UU Tipikor dengan ancaman minimal 1 tahun dan 3 tahun penjara, maksimal 15 tahun penjara," jelasnya. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]