Gadaikan Mobil Orang, 2 Terdakwa Disidang


Jumat, 06 Oktober 2017 - 10:22:38 WIB
Gadaikan Mobil Orang, 2 Terdakwa Disidang Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Diduga melakukan penggelapan, terdakwa Shinta Wihato (48) bersama rekannya yakni Afriyan Hidayat (penuntutan terpisah), harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di Pengadilan Negeri (PN) klas 1 A Padang, Rabu (4/10). Dalam sidang dengan agenda pembacaan dakwaan.

Terdakwa yang melakukan penipuan dengan menggadaikan mobil tanpa seizin pemiliknya. Perbuatan itu berawal pada Minggu tanggal 21 agustus 2016 pukul 10.00 WIB, rekan terdakwa menelfon Nofrizal (pemilik rental mobil) dengan tujuan menyewa mobil untuk operasional pekerjaan mereka.

Berdasarkan kesepakatan, dua terdakwa menyewa mobil selama 1 bulan dengan Rp 5 juta. Ketika itu terdakwa membayar separoh dan sisanya akan dibayar seminggu setelah dipakai. Pada tanggal 2 november 2016 terdakwa mengirim uang rental sebesar Rp2,5 juta seperti yang mereka janjikan.

Kemudian setelah jatuh tempo, pemilik mobil kembali menelfon terdakwa menanyakan mobil tersebut. Namun terdakwa berdalih akan memperpanjang rental satu lagi atas jawab terdakwa Shinta.

Kemudian untuk pembayarannya, kedua terdakwa mengirim uang Rp3 juta sebagai perpanjang rental. Setelah jatuh tempo, korban kembali menelpon Shinta menanyakan mobil. Namun Shinta mengatakan bahwa mobil telah dikembalikan kepada Afrizal dan tidak tau lagi keberadaan mobil tersebut.

Mendapat informasi itu, Afrizal melaporkan kepada Polresta Padang untuk menelusuri keberadaan mobil. Setelah itu, polresta Dhamasraya menangkap terdakwa Shinta perkara lain dan dibawa ke Polresta Padang untuk menindak lanjuti.

Setelah di interogasi, berdasarkan keterangan Shinta, mobil tersebut telah digadaikan berdua dengan rekannya Afriyan kepada Eko (DPO) seharga Rp 20 juta sebagai jaminan hutang mereka kepada Eko.

Kemudian dari perbuatannya, korban telah mengalami kerugian sebesar Rp 130 juta. Selain itu, dalam persidangan, untuk pemrosesan sidang ditunda selama satu minggu untuk mendengar tanggapan pihak terdakwa terkait dakwaan dari jaksa .

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Ari Mulyadi sebagai ketua hakim menunda sidang hingga pekan depan.

"Baiklah, sidang akan kita tunda dan kepada pihak terdakwa didampingi Penasehat Hukumnya untuk menanggapi dakwaan tersebut," kata Ari Mulyadi. (h/mg-hen).

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]