RSUD Hanafiah Batusangkar Belum Sesuai Protap


Jumat, 06 Oktober 2017 - 12:48:20 WIB
RSUD Hanafiah Batusangkar Belum Sesuai Protap Kunjung Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes RI, dr. Bambang Wibowo, Sp,OG (K), MARS ke RSUD. Hanafiah Batusangkar, Kamis, (5/10).

TADAH DATAR,  HARIANHALUAN.COM--Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes RI, dr. Bambang Wibowo, Sp,OG (K), MARS,  mengkritik kondisi RSUD. Prof. Dr. MA. Hanafiah, Batusangkar. Ia  menilai rumah sakit tersebut masih banyak kekurangan dari segi fasilitas dan pelayanan.

Hal itu, disampaikannya saat berkunjung ke RSUD. Hanafiah Batusangkar, Kamis, (5/10).

Dari pantauan Haluan yang ikut dalam rombongan Dirjen, Bambang Wibowo tersebut,  terlihat ketidakpuasan rombongan saat melihat dan mengecek langsung.  Fasilitas dan pelayanan yang ada pada masih lemah.  

"Saya minta rumah sakit harus memikirkan bagaimana masyarakat dapat terlayani dengan baik.  Karena itu pihak rumah sakit harus meningkatkan sarana prasarana serta kebersihan lingkungan rumah sakit ini, " ujarnya. 

Bambang Wibowo melanjutkan,  bahwa dalam waktu dekat pihak RSUD. Hanafiah harus berbenah diri, sehingga diharapkan dapat terakreditasi pada tahun 2018 mendatang.  Sesuai dengan yang diatur UU bahwa semua rumah sakit wajib terakreditasi. 

"Saya minta semua media atau pers ikut juga dalam pengembangan rumah sakit ini,  dengan pengawasan dan kritikan yang membangun bagi RSUD. Haniaf ini," tambahnya. 

Hal senada juga diutarakan oleh Kepala Dinkes Provinsi Sumatera Barat, dr. Hj. Merry Yuliesday, MARS. Ia mengkritisi fasilitas yang ada pada RSUD. Hanafiah Batusangkar.

Bahkan ia sempat membandingkan dengan rumah sakit tersebut dengan Kota tetangga. 

"Saya sangat tidak senang dengan fasilitas yang ada di RSUD Hanafiah ini. Saya juga meninginkan semua konter pelayanan mejanya harus sejajar,  tidak ada yang tinggi seperti itu," ujarnya

Ia juga mengatakan,  rumah sakit 20 persen harus memiliki wilayah hijau. Direktur rumah sakit juga minimal 80 persen harus berada dilapangan setiap harinya.  Sehingga dapat mengontrol semua yang ada di rumah sakit tersebut. 

"Melihat sepelintas lalu RSUD Haniaf masih belum sesuai protap yang ada," tambahnya.  

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar,  Zuldafri Darma mengaku kecewa dengan melihat tingkat kepuasan dari kondisi RSUD. hanafiah tersebut. Bahkan ia mengungkapkan rasa malunya karena sudah di banding-bandingkan dengan kota tetangga. 

Tak lupa, Zuldafri Darma kepada pihak rumah sakit agar menata ulang semua sarana dan prasaran, serta pelayanan yang ada. 

"Saya ingin semua sarana diatur ulang kembali,  sehingga tidak seperti ruang pengambilan obat yang masih belum tersusun rapi.  Kalau kondisinya seperti itu ruang obatnya,  bisa-bisa obat pasien salah ambil atau tertukar," ujar Wabub.

Sementara itu pihak RSUD. Haniaf melalu direkturnya dr. Afrizal Hasan, mengatakan, bahwa pihak rumah sakit akan berbenah diri kedepannya. Ia juga mengatakan bahwa dirinya sangat menerima kritikan dan maaukan tersebut sebagai masukan yang membangun. Ia juga mengatakan,  bahwa kondisi klining servis rumah sakit masih kurang. 

"Kami masih terkendala dengan anggaran dalam membangun rumah sakit ini, " ujarnya. 

Ia juga menjelaskan bahwa pihak rumah sakit menargetkan sampai bulan Juni 2018 semua sarana dan prasarana sudah terpenuhi dengan baik. 

"Mau tidak mau suka tidak suka hal itu harus kita realisasikan," tambahnya. (h/mg-rul) 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 September 2017 - 18:20:13 WIB

    Dukung Program JKN-KIS, RSUD Sawahlunto Tingkatkan Pelayanan

    Dukung Program JKN-KIS,  RSUD Sawahlunto Tingkatkan Pelayanan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-  Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto terus berkomitmen meningkatkan pelayan.
  • Kamis, 10 Agustus 2017 - 19:20:13 WIB

    RSUD Lubuk Basung Butuh Dana Rp54 Miliar Untuk Peralatan 

    RSUD Lubuk Basung Butuh Dana Rp54 Miliar Untuk Peralatan  AGAM, HARIANHALUAN.COM- Dalam meningkatkan pelayanan serta melengkapi alat kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung, membutuhkan dana puluhan miliar. Saat ini alat kesehatan di RSUD Lubuk Basung sudah berusia di .
  • Kamis, 20 Juli 2017 - 14:10:54 WIB

    RSUD Solok, Ditantang Beri Layanan Maksimal

    RSUD Solok, Ditantang Beri Layanan Maksimal KOTA SOLOK, HARIANHALUAN.COM — Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menantang RSUD Solok, sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pempro Sumbar, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan rumah s.
  • Jumat, 14 Juli 2017 - 16:41:15 WIB

    Krisis, RSUD Solsel Kekurangan Stok Darah

    Krisis, RSUD Solsel Kekurangan Stok Darah SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solok Selatan (Solsel) mengalami krisis stok darah. Kekurangan stok darah itu disebabkan tidak sebanding antara pihak pendonor dengan kebutuhan darah pasien..
  • Kamis, 05 Januari 2017 - 23:07:43 WIB

    Pascaoperasi Usus Buntu di RSUD Rasidin Padang, Tubuh Putri Mematung

    Pascaoperasi Usus Buntu di RSUD Rasidin Padang, Tubuh Putri Mematung PADANG, HALUAN—Entah apa yang kini dirasakan oleh Gustina Putri Ningsih. Gadis yang masih duduk di bangku SMA 1 Pertiwi Padang ini terkulai lemas tanpa bisa berbuat apa-apa di ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasidi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]