Kota Pariaman Kekurangan Kepala Sekolah Dasar


Jumat, 06 Oktober 2017 - 17:14:29 WIB
Kota Pariaman Kekurangan Kepala Sekolah Dasar Ilustasi/Haluan

PARIAMAN,.HARIANHALUAN.COM-- Kota Pariaman saat ini tidak memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berupa guru kepala Sekolah Dasar (SD). Akibatnya,  2 jabatan kepala sekolah dasar di Kota Tabuik hanya dijabat oleh Plt.

Dua guru kepala sekolah SD yang berjabatan Plt adalah SD 02 Karan Aur dan SD 19 Kampung Baru.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi kepada harianhaluan.com, mengatakan, seleksi tenaga pendidik untuk guru kepala sekolah dasar terakhir dilaksanakan tahun 2015, sementara tahun 2016 tidak ada.

"Jadi berdasarkan kebutuhan, terjadilah kekurangan tenaga guru kepala sekolah tersebut. Kekurangan itu bisa terjadi akibat adanya pensiun. Maka terjadi ketidak seimbangan akan kebutuhan tersebut," ujar Kanderi, Jumat (6/10). 

Dijelaskannya, untuk tahun 2017 ini, sudah mulai dilakukan dan memasuki tahap seleksi. Penyeleksian berlangsung  sejak Agustus dan berakhir pada Desember 2017.

Dari perjalanan administrasi terhadap calon peaerta sebanyak 76 yang menfaftar, baru 48 yang masuk atau lolos seleksi akademik.

Kanderi menjelaskan, jabatan kepala sekolah dasar dijabat Plt sebagai kepala tidak ada masalah. Karena dia juga guru di sekolah yang bersangkutan, PBM tidak akan terganggu.

"Untuk kondisi seperti sekarang ini, jabatan kepala sekolah tak boleh kosong paling tidak harus dijabat seorang pejabat Plt. Dan sampai kini PBM di sekolah lancar-lancar saja di ke dua sekolah yang kepala sekolahnya di jabat secara Plt," ungkapnya.

"Soal pengangkatan guru kepala sekolah Plt atau defenitif itu dilakukan  oleh pemerintah daerah. Yang jelas jabatan guru kepala sekolah tak boleh kosong, biar dijabat Plt yang penting ada,"tambahnya.(h/tri).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]