IDENTIFIKASI KASUS MALARIA

Tim Dinkes Pasbar Turun ke Pulau Panjang


Sabtu, 07 Oktober 2017 - 02:40:31 WIB
Tim Dinkes Pasbar Turun ke Pulau Panjang CEK KE LAPANGAN - Terlihat tim dari Dinas Kesehatan Pasaman Barat sedang melakukan pengecekan kepada warga masyarakat Pulau Panjang, Jumat (6/10). IDENVI SUSANTO

PASBAR, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan setempat lakukan pemeriksaan gejala wabah penyakit malaria di Kejorongan Rantau Panjang Kecamatan Air Bangis.

 

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam penagulangan terjadinya penularan wabah penyakit malaria dan sekaligus aksi cepat tanggap terhadap wabah penyakit malaria yang terjadi di wilayah itu.

 

"Benar, tim Dinkes Provinsi dan Kabupaten Pasaman Barat turun lagsung ke Rantau Panjang. Sebanyak 204 orang warga di kejorongan itu diperiksa oleh tim dan belum lama ini ditemukan dua orang warga yang terjangkit penyakit malaria," tutur Bupati Pasaman Barat, Syahiran melalui Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat Haryunidra kepada Haluan, Jumat (6/10)

 

Dua orang warga yang terjangkit malaria tersebut langsung kita lakukan pengobatan secara intensif, selain itu untuk meantisipasi wabah penyakit tersebt tim sudah membagikan 150 helai kelambu untuk warga setempat dengan memprioritaskan pemakaiannya kepada Ibu hamil dan anak-anak.

 

"Setiap pasien yang mengalami demam pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara intensif," katanya

 

Haryunidra menambahkan, untuk langkah meantisipasi wabah penyakit demam berdarah masyarakat setempat dihimbau untuk melakukan gotong-royong di bawah koordinasi walinagari dan kepala jorong.

 

"Kegiatan itu sudah dilakukan sejak ditemukannya kasus wabah penyakit deman berdarah diawal Agustus 2017 lalu. Saat ini kita masih memonitor kemungkinan adanya kasus baru," katanya.

 

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat setempat, Alhadi (40) membenarkan ada dua orang masyarakat pulau panjang yang terkena wabah penyakit demam berdarah, saat ini masih dilakukan pengobatan secara insentif oleh pihak dokter.

 

"Sebagai warga kami mengucapkan terimakasih kepada tim yang sudah melakukan aksi cepat tanggap terhadap wabah penyakit malaria yang terjadi di pulang panjang. Semoga kedepan wabah ini tidak terhadi lagi dikampung kami," pungkasnya. (h/mg-idn/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]