SMKN 1 Solsel Ikut Kompetisi Penjualan Terbesar di Indonesia 


Ahad, 08 Oktober 2017 - 15:04:04 WIB
SMKN 1 Solsel Ikut Kompetisi Penjualan Terbesar di Indonesia  Pelajar kelas XII jurusan Pemasaran SMKN 1 Solsel ketika mendapatkan pembekalan dari tim ASPIRA-SMK Award 2018 di aula sekolah, Sabtu (7/10). JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Pelajar kelas XII jurusan Pemasaran SMKN 1 Solok Selatan (Solsel) bakal mewakili Solsel dalam kompetisi penjualan terbesar di Indonesia yang diikuti oleh 25 provinsi. Kompetesi mengusung slogan "Saya jago Sales" ASPIRA-SMK Sales Award 2018. 

SMKN 1 Solsel satu-satunya SMK sederajat di Solsel yang disambangi tim ASPIRA-SMK Sales Award 2018 dalam rangka pembekalan serta sosialisasi pada Sabtu (7/10) di aula setempat.

"Pelajar yang mengikuti kompetisi merupakan yang berprestasi dibidang pemasaran. Terdiri dari tiga kelompok, dimana tiap kelompok beranggotakan lima orang siwa/i,"kata Kepala SMKN 1 Solsel, Efrizol didampingi Guru jurusan Pemasaran, Fadli Azamuddin pada Haluan.

Ditambahkan Efrizol, sebelum berlaga di tingkat nasional tiga kelompok itu harus mengikuti tahapan seleksi tingkat Sumbar terlebih dulu yang bersaing dengan 13 sekolah lainnya. Apabila lulus, maka akan memasuki tahap selanjutnya yang bersaing dengan 25 provinsi se-Indonesia hingga terpilih sepuluh kelompok terbaik. "Nah, jika berhasil melewati provinsi lain satu dari 10 terbaik ini nantinya akan bertarung di Jakarta dalam kompetisi final,"tuturnya.

Setidaknya ada empat macam produk ASPIRA yang bakal dijual peserta yakni aki motor, ban, kanvas rem dan spion. Kemudian, peserta juga bakal menjual produk makanan khas daerah. "Mereka nanti akan menjual langsung ke masyarakat. Untuk makanan khas Solsel seperti kue sapik, kipang bareh, lamang golek dan lainnya juga jadi produk jualan peserta,"lanjutnya.

SMKN 1 Solsel, baru pertama mengikuti kompetisi sales ini. "Jurusan Pemasaran ada 6 lokal dimana tiap tingkat terdiri dari dua kelas. Ini baru pertama kali kita ikut SMK Sales Awards, kita berharap para pelajar jurusan pemasaran siap menjadi sales yang handal untuk menjawab kebutuhan industri kedepan,"ungkapnya.

Narasumber tim ASPIRA, Jasman menyebutkan selama kompetisi berlangsung, peserta diwajibkan melakukan reporting di Apps yang telah disediakan oleh panitia ASPIRA - SMK Sales Award 2018 dan upload foto aktivitas yang dilakukan ke media sosial Facebook dan Instagram.

" Tahap pertama akan dimulai 1 November-31 Desember 2017, tahap kedua 5 Januari- 5 Februari 2018, tahap ketiga dan grand final akan berlangsung pada bulan Maret 2018,"katanya. 

Dalam pembekalan dan sosialisasi, Jasman memberikan materi dan motivasi terhadap pelajar kelas XII keahlian Pemasaran. Mulai dari pengenalan biografi tokoh yang sukses didunia marketing hingga memberikan tips sukses seorang sales.(h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]