Asra Lailatus Sya’adah Finalis Olimpiade Halal 2017


Senin, 09 Oktober 2017 - 01:08:53 WIB
Asra Lailatus Sya’adah Finalis Olimpiade Halal 2017 ASRA LAILATUS SYA’ADAH

SIJUNJUNG, HALUAN —Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sijunjung bernama Asra Lailatus Sya’adah (18), kelas XII IPA beserta dua orang perwakilan Sumatera Barat berhasil lolos dan masuk sebagai salah seorang dari 100 finalis yang menempuh babak final Olimpiade Halal 2017 tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

Melalui artikelnya yang berjudul “ Halal Yes Thayyib Oke, Makanan Tardisional Godok Abuih”, Asra Lailatus Sya’adah terpilih dari 13.524 peserta yang telah menempuh babak penyisihan Olimpiade Halal yang diadakan sejak 25 Juli hingga 6 September 2017 secara online diberbagai provinsi seluruh Indonesia dan enam negara asia lainnya seperti Malaysia, Singapura Vietnam, Jepang, Thailand dan Saudi Arabia melalui program HaLO (Halal Learning Online) LPPOM MUI.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sijunjung, Jontridel Effendi mengatakan, ajang olimpiade tersebut merupakan langkah awal anak didiknya untuk mengenal halal, serta sebagai ajang untuk mencari ilmu, mengenal halal dan sesuatu yang diwajibkan oleh Allah SWT untuk umat Muslim.

“Dari babak penyisihan akan dipilih 3 peserta dengan nilai tertinggi dari setiap provinsi dan 3 nilai tertinggi dari setiap negara. Alhamdulillah, salah seorang siswi kita yang bernama Asra Lailatus Sya’adah yang merupakan siswi kelas XII IPA 3 berhasil lolos di babak penyisihan dan masuk sebagai salah seorang dari 100 finalis bersama dua orang rekan lainnnya asal Sumatera Barat dengan menempuh ujian online serta membuat artikel populer yang bertema Potensi Wisata Halal di Provinsiku dan kebetulan dia mengangkat salah satu makanan tradisional Asal Kenagarian Lubuk Tarok Kecamatan Lubuk Tarok Godok Abuih,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (7/10) di SMAN 1 Sijunjung.

Jontridel mengatakan, Olimpiade Halal yang yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI bagi siswa/i SLTA sederajat tersebut cukup menarik. Terutama untuk kalangan remaja pada saat ini. Sebab, banyak remaja saat ini yang kurang peduli terhadap halal haram.

“Kita berharap dengan keikut sertaan anak didik di SMAN 1 Sijunjung yang bernama Asra Alailatus Sya’adah dalam ajang Olimpiade Halal 2017 tersebut bisa menjadikan generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia dengan produk halal dan thayib,” ulasnya.

Sementara itu, Asra lailatus Sya’adah menuturkan, dirinya merasa senang dan bangga bisa masuk sebagai salah satu dari 100 orang finalis perwakilan Indonesia asal Provinsi Sumatera Barat bersama dua orang rekan lainnya.

“ Materi yang dilombakan meliputi Pengetahuan halal dan haram berdasarkan Alquran dan hadits, prosedur sertifikasi halal dan sistem jaminan halal, studi Islam dan pengetahuan umum,” jelasnya.

 

Dara kelahiran Bukittinggi 6 November 1999 tersebut juga memberikan apresiasi kepada LPPOM MUI yang menggelar dan melaksanakan olimpiade halal tersebut. Sebab dengan adanya ajang tersebut bisa memberikan edukasi kepada generasi muda khususnya pelajar SMU, agar selalu senantiasa mengkonsumsi produk halal sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Mencetak Generasi Muda Loyal Produk Halal”.

''Insha Allah, semoga dengan Olimpiade Halal yang dilaksanakan oleh LPPOM MUI ini, bisa meningkatkan kaderisasi tim manajemen halal semakin banyak," ungkapnya sambil tersenyum. (h/ogi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 13:02:13 WIB

    Pemkab Dharmasraya Dapat Penghargaan dari BPS RI

    Pemkab Dharmasraya Dapat Penghargaan dari BPS RI HARIANHALUAN. COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menerima penghargaan dari Badan Statistik (BPS) Republik Indonesia atas prestasinya sebagai salah satu daerah dengan response rate yang melebihi target pad.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:36:17 WIB

    Tiga Pasien Covid-19 di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh

    Tiga Pasien Covid-19 di Dharmasraya Dinyatakan Sembuh HARIANHALUAN. COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi tiga pasien kasus positif telah dinyatakan sembuh, Kamis (06/08). .
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 17:26:06 WIB

    Dalam 6 Bulan, 105 Hektare Hutan dan Perkebunan di Dharmasraya Musnah Terbakar

    Dalam 6 Bulan, 105 Hektare Hutan dan Perkebunan di Dharmasraya Musnah Terbakar HARIANHALUAN.COM - Sejak Januari hingga Juli 2020, tercatat sebanyak 22 titik api telah menghanguskan lahan seluas 105 hektare yang terdiri dari kawasan hutan dan lahan perkebunan masyarakat di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera.
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 20:43:03 WIB

    New Normal, Istri Bupati Dharmasraya Gencar Lakukan Ini

    New Normal, Istri Bupati Dharmasraya Gencar Lakukan Ini HARIANHALUAN.COM - Puluhan kader Posyandu, kader Dasawisma dan Poskesri se Kecamatan Koto Salak, Rabu (29/07/20), mendapat penyegaran pengetahuan terkait penerapan posyandu di masa new normal. .
  • Senin, 27 Juli 2020 - 17:52:36 WIB

    Hari Kelima Operasi Patuh Singgalang, Polres Dharmasraya Tilang 69 Pelanggar

    Hari Kelima Operasi Patuh Singgalang, Polres Dharmasraya Tilang 69 Pelanggar HARIANHALUAN.COM - Jajaran Satuan Lalulintas Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya sudah menindak sedikitnya 69 orang pelaku pelanggaran lalulintas di wilayah hukum polres tersebut pada pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 20.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]