Jembatan Penghubung Dharmasraya – Riau Nyaris Roboh


Senin, 09 Oktober 2017 - 01:10:53 WIB
Jembatan Penghubung Dharmasraya – Riau Nyaris Roboh JEMBATAN RUSAK - Terlihat kondisi jembatan penghubung dua wilayah di Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh, Minggu (8/10) mulai rusak parah dan nyaris roboh. Padahal, jembatan tersebut termasuk urat nadi perekonomian bagi warga setempat. MARYADI

DHARMASRAYA, HALUAN - Jembatan penghubung yang menjadi akses perekonomian warga di wilayah perbatasan Dharmasraya dengan Riau, saat ini kondisinya nyaris roboh dan putus. Bahkan, fondasi penahan jembatan tersebut sudah amblas dan badan jalanpun sudah mulai terban akibat tingginya curah hujan dan aliran sungai yang tidak baik.

 

"Jembatan semi permanen ini dibangun pada tahun 1992 dan belum pernah dilakukan perbaikan," ucap Walinagari Sopan Jaya, Riza Ariandi, kepada Haluan, Minggu (08/10) di Gunung Medan.

Ia menyebutkan, jembatan yang membentang sepanjang 12 meter itu, merupakan satu-satunya jembatan penghubung antar kabupaten dan antar provinsi, dimana, ada dua desa yang memanfaatkan jembatan tersebut, yaitu Desa Perhatian Sungkai, Kecamatan Kuantan dengan enam desa dan Kecamatan Gunung Toar, Lubuk Jambi Mudik, Kabupaten Kuansing Provinsi Riau.

 

"Dua desa ini masyarkatnya 90 persen memanfaatkan jembatan ini untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya ke Pasar Nagari Sopan Jaya, yaitu pasar SP 5. Jadi jembatan ini, jantungnya perekonomian masyarakat setempat dan menarik aktivitas perekonomian warga provinsi tetangga agar membelanjakan uangnya di Dharmasraya," urai walinagari termuda ini.

Terkait hal itu, ia mengungkapkan, ada dua hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk mengatasi banjir yang menjadi langganan tiga jorong dan perbaikan jembatan tersebut, yakni normalisasi sungai sepanjang 5 kilometer.

 

"Kita tentu sangat berharap, peninjauan yang dilakukan oleh Plt Sekda Dharmasraya bersama Kepala Dinas PUPR Dharmasraya ke wilayah. Tujuannya, agar masyarakat tidak lagi menjadi langganan banjir yang akan berujung maut," pintanya.

 

Riza Ariandi menambahkan, normalisasi sungai dan pembangunan jembatan itu sudah masukan ke dalam pembahasan Musrenbang tahun ini dan menjadi skala prioritas. "Dua kali Musrenbang, selalu menjadi perioritas bagi kami," katanya mengkhiri.

 

Terpisah, Kepala PUPR Dharmasraya, Ir Junedi Yunus mengatakan, normalisasi sungai serta perbaikan jembatan yang ada di Nagari Sopan Jaya itu akan segera dilakukan. Bahkan, saat ini pihaknya sudah melakukan persiapan anggaran untuk perbaikan tersebut.

"Insya Allah, tahun 2017 ini kita lakukan normalisasi sungainya dengan anggaran mencapai Rp500 juta. Sedangkan, untuk jembatan akan kita bangun pada tahun 2018 dengan anggaran kurang lebih Rp2,5 miliar," katanya saat dihubungi Haluan melalui telpon selularnya. (h/mdi/hel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]