Polres Agam Proses Tambang “Siluman”


Selasa, 10 Oktober 2017 - 13:19:53 WIB
Polres Agam Proses Tambang “Siluman” Ilustasi/Haluan

AGAM, HARIANHALUAN.COM – Penyelidik Satreskrim Polres Agam menemukan indikasi pelanggaran dalam proses penambangan tanah timbunan yang dilakukan CV Citra Mandiri di Dusun Padang Cakur, Nagari Bawan, Agam. Proses ilegal yang ditemukan polisi, mulai dari perizinan dan dampak penambangan terhadap lingkungan.

 Penambangan tanah di Bawan tersebut telah menuai kontroversi karena dilakukan oleh perusahaan dari Pasaman. Pemkab Agam bahkan tidak mengetahui adanya penambangan tersebut. Proses tambang menyisakan kerusakan bagi lingkungan. “Ada indikasi penambangan secara ilegal. Kita sedang melakukan proses hukum terkait permasalahan ini,” terang KBO Reskrim Polres Agam, Ipda Ardian, Minggu (8/10).

Ipda Ardian menyebut, pihaknya sudah memanggil sejumlah saksi. “Sejumlah saksi sudah kita periksa. Termasuk saksi dari PT AMP yang bernama Yondra. Kemudian Kepala DKMPT Agam, Fatimah, serta pihak-pihak yang memiliki kewenangan dalam hal tersebut. PT AMP berkepentingan dalam penambangan tersebut," jelasnya.

Penambangan tanah, selain tidak berizin juga merusak lingkungan. Masyarakat Kapecong, Dusun Padang Cakur, Bawan sudah sejak beberapa waktu yang lalu mengeluhkan kerusakan jalan lingkar akibat pengambilan tanah. “Penambangan tanah clay telah merusak lingkungan, termasuk badan jalan satu-satunya akses masyarakat masuk. Kondisi ini harus menjadi perhatian. Sebelum bekerja, penambang dari CV Citra mandiri berjanji memperbaiki. Namun kenyataannya tidak ada perbaikan sampai sekarang,” terang warga setempat, Efrizal Chan, Minggu (8/10).

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 00:54:31 WIB

    Hendak Transaksi Ganja, Pria UP Diciduk Satres Narkoba  Polres Bukittinggi

    Hendak Transaksi Ganja, Pria UP Diciduk Satres Narkoba  Polres Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Ketika hendak melakukan transaksi atau menjual barang haram tersebut, di Jalan Angku Basa, Kelurahan Puhun Tembok, Pria berinisia UP  keburu  tercidukTim Operasional Satuan Reserse Narkoba Polr.
  • Ahad, 26 Mei 2019 - 21:05:43 WIB

    Edarkan Narkoba, Ibu dan Anak Diciduk Satresnarkoba Polresta Padang

    Edarkan Narkoba, Ibu dan Anak Diciduk Satresnarkoba Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM-Mengedarkan narkoba, seorang ibu beserta anaknya ditangkap oleh anggota Satresnarkoba Polresta Padang, pada Minggu (26/5) di sebuh rumah kos di jalan Ikan Mas, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Keca.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 08:03:26 WIB

    Cegah Kejahatan Curas, Polresta Padang Gelar Operasi KKYD

    Cegah Kejahatan Curas, Polresta Padang Gelar Operasi KKYD PADANG, HARIANHALUAN.COM—Untuk memastikan agar Padang aman dan nyaman bagi masyarakatnya, Polresta Padang menggelar operasi Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD). Operasi tersebut digelar dari 15 Mei hingga 28 Mei 20.
  • Kamis, 09 Mei 2019 - 23:16:15 WIB

    Basmi Premanisme, Polres Solok Kota Gelar Operasi Bina Kusuma Singgalang

    Basmi Premanisme, Polres Solok Kota Gelar Operasi Bina Kusuma Singgalang SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Untuk mengatasi gangguan Kantibmas khususnya premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan gangguan Kamtibmas lainnya selama Bulan Ramadhan, Polres Solok Kota gelar Operasi Bina Kusuma S.
  • Rabu, 03 April 2019 - 21:15:25 WIB

    Tiga Pencuri Sapi Asal Riau Diciduk Polres Payakumbuh

    Tiga Pencuri Sapi Asal Riau Diciduk Polres Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Satuan Reserse Kriminal Polisi Resor Payakumbuh berhasil menggagalkan aksi komplotan pencurian ternak, Selasa (2/4) dinihari. Diketahui komplotan tersebut berjumlah  tiga orang.  .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]