Tujuh Hari Dibuka Pendaftaran Parpol, KPU Pessel Baru Terima Satu Calon Peserta


Selasa, 10 Oktober 2017 - 18:29:20 WIB
Tujuh Hari Dibuka Pendaftaran Parpol, KPU Pessel Baru Terima Satu Calon Peserta Penyerahan dokumen persyaratan pendaftaran Parpol DPD Perindo Pessel kepada KPU Pessel. Pada Senin (9/10) kemari, serta disaksikan oleh Ketua Panwaslu Pessel. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Pesisir Selatan telah membuka pendaftaran bagi para peserta calon partai politik (Parpol), yang akan bertarung pada ajang Pemilu serentak tahun 2019. Namun, hingga saat ini Selasa (10/10), masih belum banyak Parpol yang mendaftar di KPU atau masing-masing Kabupaten dan Kota.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, sejak pertama dibuka pendaftaran Pemilu 2019 mulai hari Selasa kemarin, (3/10) hingga saat ini, Selasa (10/10), baru satu Parpol yang sudah mendaftar dan menyerahkan kelengkapan berkas ke KPU setempat. 

Baca Juga : PKS Kota Batam Targetkan Perolehan Kursi Dua Kali Lipat di Pemilu 2024

"Satu Parpol yang sudah mendaftar adalah dari Perindo, berkasnya sudah masuk pada hari Senin kemarin," jelas Epaldi kepada Wartawan di Painan.

Dijelaskannya, untuk Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ada sebanyak 17 Parpol yang akan mengikuti pendaftaran pada ajang Pemilu 2019. Sementara dari pengamatan pihaknya, ada 5 partai baru yang akan ikut berlaga dan memulai pendaftaran tahap awal. 

Baca Juga : Daftarkan Logo Partai atas Nama SBY, Ketua DPC PD Dharmasraya: Cegah Penyalahgunaan oleh Pihak Lain

"Parpol baru yang sudah berkoordinasi drngan pihak kita adalah, Partai Berkarya, Perindo, Republika, Partai Solidaritas Indonesia, dan Parsindo," sebutnya. 

Menurut Epaldi, peraturan dan persyaratan untuk pendaftaran bagi peserta Pemilu 2019, semuanya harus mengacu pada PKPU nomor 7 tahun 2017, dan PKPU nomor 11 tahun 2017. Hal itu meliputi, tentang pendafatran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu anggota DPR RI dan DPRD.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]