Bea Cukai Teluk Bayur Gagalkan Peredaran Jutaan Batang Rokok Ilegal


Kamis, 12 Oktober 2017 - 23:14:35 WIB
Bea Cukai Teluk Bayur Gagalkan Peredaran Jutaan Batang Rokok Ilegal Petugas Bea Cukai Teluk Bayur sedang menghitung jumlah rokok ilegal yang berhasil disita. Foto: Facebook IPC

PADANG, HALUAN – Petugas Bea Cukai Teluk Bayur berhasil menggagalkan peredaran jutaan batang rokok illegal di Jalan Lintas Bukittinggi – Padang. Jika ditotal, harga rokok ilegal yang diamankan mencapai Rp1 miliar.

Dikutip dari situs resmi Bea Cukai Teluk Bayur, bctelukbayur.com, secara rinci, rokok ilegal yang diamankan berjumlah 1,5 juta batang, dan dipacking ke dalam 80 karton. Perkiraan harganya sekitar Rp1 miliar.

Baca Juga : Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

Penggagalan penyelundupan rokok ilegal itu dilakukan pekan lalu, persisnya Kamis (5/10) dini hari. Sebenarnya, informasi adanya distribusi rokok ilegal sudah lama didapat petugas. Sehari sebelum penindakan dilakukan pengintaian terhadap pergerakan mobil pembawa rokok merek Nio tersebut.

Setelah memastikan jenis mobil yang mengangkut rokok tersebut, petugas Bea Cukai Teluk Bayur berhasil melakukan penangkapan. Turut diamankan tiga unit mobil pengangkut rokok ilegal merek Nio dengan menggunakan pita cukai bekas. Lima orang sopir dan kernet juga diamankan.

Baca Juga : Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

Peredaran rokok ilegal, akhir-akhir ini marak dilakukan. Petugas cukai beberapa kali melakukan penangkapan namun tidak membuat jera pelakunya. Akhir September lalu, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Wilayah Riau - Sumatera Barat bahkan memusnahkan 19 juta batang rokok dan 6 ribu botol miras ilegal bernilai Rp13,2 miliar. "Ini hasil penindakan kita selama periode Juni 2016 sampai Maret 2017. Kita amankan dari seluruh wilayah kerja kita, di Riau - Sumbar, dan hasil dari operasi, intelijen dan informasi masyarakat," terang Kepala Kantor Bea dan Cukai Wilayah Riau - Sumbar Yusmariza. (h/*)

Editor: Bhenz Maharajo

Baca Juga : Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Maret 2021 - 10:39:05 WIB

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara Sebuah pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai American Airlines berhasil mendarat dengan selamat setelah pilot mematikan satu mesin selama penerbangan. Pesawat tersebut mendarat di Newark, New Jersey, Amerika Serikat pada hari.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 23:33:05 WIB

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara Setidaknya sudah 319 tersangka kasus narkoba di Kabupaten Inhu, Provinsi Riau  diringkus dan meringkuk dibalik jeruji besi semenjak jabatan  Kapolres Inhu dipangku oleh AKBP Efrizal S.I.K, hingga sekarang..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:47:16 WIB

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet Satu unit truk tangki pembawa CPO terperosok di bagian pangkal jembatan darurat Pinaga Sungai Paku. Kejadian tersebut mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di Jalan Lintas Kinali-Padang, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (5.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:33:45 WIB

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar Empat rumah berkonstruksi permanen,  terbakar dengan cepat, Jumat (5/3/21) petang. Dalam musibah  tidak ada korban jiwa..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:26:05 WIB

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan Dua orang dilaporkan hilang terseret ombak di perairan pesisir pantai, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Mendapat laporan, tim dari Kantor Pencarian dan .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]