Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi


Rabu, 18 Oktober 2017 - 13:20:14 WIB
Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi Para pelajar harus mencari tempat yang lebih tinggi untuk mencari sinyal handphone. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 56 jorong yang tersebar di beberapa kecamatan di Pasaman Barat hingga hari ini masih belum terjangkau sinyal handphone. Akibatnya, masyarakat setempat sulit melakukan komunikasi dengan daerah luar.

“Kami sangat berharap adanya sinyal di daerah kami. Sebab, susah bagi kami untuk mengetahui kabar keluarga kami yang berada di rantau. Kalau kami ke luar dulu atau ke Simpang Empat dulu memakan waktu lama,” jelas Andri warga Maligi, Selasa (17/10).

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasbar, Dalpesri Bahar, 56 jorong tersebut tersebar di beberapa daerah pinggir dari Kabupaten Pasbar seperti di Kecamatan Ranah Batahan, Kecamatan Sungai Beremas, Kecamatan Kinali dan sejumlah daerah di sekitar pegunungan seperti Kecamatan Talamau dan Kecamatan Gunung Tuleh. Jumlah jorong di Pasbar saat ini mencapai 216 jorong yang tersebar di 11 kecamatan.

“Saat ini masyarakat di daerah tidak tersentuh sinyal harus berjalan jauh untuk mendapatkan sinyal sekedar untuk menelpon, seperti mendaki bukit atau memanjat pohon. Akibat kondisi tersebut pemerintah juga sulit memberikan informasi kepada masyarakat,” tandas Dalpesri Bahar.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kominfo mengaku sudah mengusulkan pembangunan tower atau PTS agar seluruh daerah di Pasbar tersentuh sinyal. Pemerintah menargetkan semua daerah tersebut akan memperoleh sinyal akhir 2018 mendatang.

“Target kita 2018 seluruh Pasbar kita harapkan dapat sinyal,” tegas Dalpesri.

Sementara itu, khusus untuk jaringan internet masih belum menyentuh seluruh daerah di Pasbar. Akibat kondisi tersebut juga menyulitkan petugas di kecamatan atau nagari dalam pengimputan data atau melakukan pendaftaran yang berhubungan dengan internet. Masyarakat Pasbar berharap kedepan Kementrian Kominfo bisa memberikan bantuan dan tower agar sinyal dan jaringan internet di Pasbar bisa menjadi merata.

“Masyarakat melalui kita sangat berharap perhatian khusus dari pemerintah pusat terkait dengan bantuan tower ini. Karena zaman sekarang komunikasi melalui jaringan itu sudah sangat penting, ditambah dengan jaringan internet. Kadang pengumuman pemerintah pusat untuk masyarakat bisa dilihat di internet,” kata Dalpesri Bahar. (h/ows)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 23:51:52 WIB

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Pesisir Selatan (Pessel), melakukan aksi damai di depan kantor bupati setempat. Dalam orasi tersebut, sedikitnya ada lima item pertany.
  • Selasa, 13 November 2018 - 16:57:21 WIB

    Puluhan Imam Masjid di Kabupaten Solok Ikut Pelatihan

    Puluhan Imam Masjid di Kabupaten Solok Ikut Pelatihan AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Puluhan imam masjid di Kabupaten Solok medapat pelatihan. Hal itu dilakukan untuk menjadikan Imam sebagai taulan di kehidupan masyarakat..
  • Senin, 03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN.
  • Sabtu, 17 Juni 2017 - 00:52:29 WIB

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, lagi-lagi dibuat jengkel oleh sebagian pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) setempat, khususnya pada bagian umum. Kegusarannya disebabkan puluhan pegawai tidak hadir a.
  • Senin, 29 Mei 2017 - 19:11:29 WIB

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Penyakit demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aides aygepti, kini mewabah di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tepatnya di Kenagarian Punggasan Utara, Kecamatan Linggosaribaga.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM