20 Ribu Jiwa Warga Padang Berada di Daerah Rawan Longsor


Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:09:16 WIB
20 Ribu Jiwa Warga Padang Berada di Daerah Rawan Longsor Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lebih dari 20 ribu jiwa di kawasan kaki bukit diimbau untuk waspada bencana longsor mengingat saat ini cuaca sedang ekstrem.

Di Kota Padang, setidaknya ada dua kelurahan yaitu kaki bukit Gunung Padang dan daerah Mata Air yang rawan longsor.

Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi pada Haluan, Selasa (17/10) menyampaikan bahwa selain terus memonitor, ia meminta agar masyarakat sekitar bisa lebih waspada jika hujan mulai melanda. Mulai dari siaga dan berjaga saat hujan.

“Siaga dan berjaga ini hendaknya dari dua sisi supaya jika ada bencana longsor dapat segera bertindak. Ada dua kelurahan sekitar 20 ribu lebih jiwa yang terancam jika bencana longsor melanda,” ujarnya.

Menurutnya, jika hujan mulai melanda hendaknya masyarakat bisa waspada misalnya mulai berjaga dan jangan tidur.

“Kami punya tim di beberapa titik untuk memonitor setiap pergerakan sembari mempersiapkan perlengkapan kegawatdaruratan. Untuk itu sangat dibutuhkan kewaspadaan dari dua sisi untuk ekstra keselamatan,” imbuh Edi.

Sementara itu, warga Mata Air Lina mengaku selalu waspada jika hujan lebat mulai datang. Ditambah lagi dengan angin kencang.

“Daerah ini rawannya jika hujan lebat terus menerus disertai angin kencang. Maka akan berpotensi longsong. Kita selalu berjaga dan mempersiapkan segala kelengkapan jika hal yang menakutkan terjadi. Ini memang resiko jika tinggal di bawah kaki bukit,” tutur Lina. (h/win)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]