DKP Gelar Lomba Marandang Teri


Kamis, 26 Oktober 2017 - 03:35:05 WIB
DKP Gelar Lomba Marandang Teri MERANDANG TERI--Sejumlah peserta sedang memasak rendang (marandang) ikan teri di Kantor TP-PKK, Jalan Sudirman, Rabu (25/10). Sebanyak 22 tim dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang mengikuti perlombaan ini .MELATI OKTAWINA

PADANG, HALUAN—Tidak seperti lomba memasak rendang (marandang) biasanya yang menggunakan bahan utama daging, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang menggelar marandang ikan teri.

Sebanyak 22 tim dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang mengikuti perlombaan ini di kantor Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jalan Sudirman, Rabu pagi (25/10).

Tentunya untuk marandang ikan teri dibutuhkan keahlian khusus. Sebab, ikan teri yang kecil, dan mudah hancur karena proses marandang yang terus diaduk.

“Dibutuhkan perhitungan yang matang agar ikan teri yang digunakan sebagai bahan utama masih berbentuk utuh pada saat disajikan,”ujar Kepala DKP Kota Padang Eyviet Nazmar saat membuka kegiatan marandang ikan teri tersebut.

Dikatakan Eyviet Nazmar, lomba merandang ikan tingkat kota Padang, sekaligus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar bisa meningkatkan konsumsi ikan.

Menurutnya, manusia membutuhkan protein sebagai sumber nutrisi,yang bisa didapatkan dari daging sapi, ayam, dan ikan. Namun, dibandingkan dengan daging sapi, dan ayam, ikan memiliki keunggulan lebih yakni asam amino lengkap dan mudah dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya anak diajarkan untuk makan ikan pertama kali, agar usus anak tidak rusak.

“Pada 10 tahun yang lalu, kebanyakan masyarakat masih enggan untuk mengkonsumsi ikan. Namun belakangan, menu masakan ikan kembali menjadi primadona karena masyarakat sudah mengetahui banyaknya gizi yang terkandung,”ujar mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang ini kepada Haluan.

Ia berharap agar kegiatan ini tidak hanya sebatas perlombaan, tetapi memberikan dampak. Yaitu mengembangkan kreasi dan kreativitas ibu-ibu dalam mengolah masakan.

“Tujuannya juga agar menu makanan kita lebih beragam, tidak hanya melulu pada daging dan ayam,”sebutnya.

Sementara itu, Kepala DKP Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Fariyetmi mengatakan, Sumatera Barat termasuk daerah yang mengalami permasalahan mengenai gizi. Jadi bentuk perbaikan gizi, dapat dilakukan dengan peningkatan konsumsi ikan. Karena ikan mengandung gizi yang bagus, mudah, dan murah dijangkau harganya dibanding protein lain.

“Kalau di Jepang konsumsi ikan telah mencapai 120 kg perkapita pertahun. Kebalikan dari kita, kalau kita jumlah segitu untuk konsumsi nasinya,”sebutnya.

Seperti yang kita ketahui, rendang adalah makanan terlezat didunia. Namun sebagian orang enggan untuk mengkonsumsinya karena takut kolesterol, dan darah tinggi. Berbeda dengan rendang ikan teri yang memiliki kalsium yang tinggi.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang Harneli Bahar menyebut, mengkonsumsi ikan akan lebih sehat, akan membuat kuat, dan juga bisa mencerdaskan otak.

“Hasil riset membuktikan otak manusia terbentuk oleh omega 3, dan ikan merupakan protein yang paling tinggi kangdungan omega 3nya,”sebutnya. (h/mg-mel)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

    16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terken.
  • Sabtu, 11 Maret 2017 - 04:04:41 WIB

    DKP Kembangkan Udang Vaname

    PADANG, HALUAN--Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang menargetkan 100 tambak Udang Vaname. Budidaya udang ini dianggap lebih efektif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. .
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 01:00:57 WIB
    TERBESAR RETRIBUSI SAMPAH

    DKP Targetkan PAD Rp9,6 Miliar

    PADANG, HALUAN — Tahun 2017, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang targetkan Rp9,6 miliar retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Angka tersebut naik Rp1,6 miliar dari tahun 2016 dengan target Rp8 miliar..
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:26:25 WIB

    Kepala DKP Padang Al Amin: Parkir di Taman, Ban Dikempeskan

    PADANG, HALUAN —Mes­kipun di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman telah dipasang rambu-rambu lalu lintas dilarang parkir dan berhenti, namun kendaraan roda empat masih saja me­lan­g­gar aturan ini..
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:31:38 WIB
    WUJUDKAN PADANG BERSIH

    DKP Bentuk Relawan Kebersihan

    PADANG, HALUAN — Usai dilantik, Kepala Dinas Ke­ber­sihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, Al Amin langsung tancap gas. Gebrakan yang dilakukannya membuat pa­su­kan­­nya sedikit kaget. Namun pada prinsipnya, mereka s.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]