Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan


Kamis, 02 November 2017 - 11:43:23 WIB
Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan  Kasubdis Dargakkum Diskum Lantamal II Padang Mayor Laut (KH) Zhurahim, menyosialisasikan pentingnya keselamatan pelayaran kepada nelayan dan masyarakat, Rabu (1/10). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat nelayan, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang menggelar sosialisasi keselamatan kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut wilayah kerja Lantamal II di KUD Mina Gates, Gauang. Kegiatan ini digelar dalam rangka bulan peduli keselamatan pelayaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Bertindak selaku narasumber dalam sosialisasi ini, Kasubdis Dargakkum Diskum Lantamal II Mayor Laut (KH) Zhurahim, dan dihadiri Ketua KUD Nelayan Desa Gaung Indra Datuk Rajo Relo, Wakil Ketua KUD Hendra Halim, dan perwakilan nelayan serta masyarakat pengguna laut di Kota Padang.

"Kegiatan ini juga jadi bagian dari program Lantamal II Padang dalam hal Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar). Ini jadi sebentuk kepedulian Lantamal II dan TNI AL pada umumnya kepada masyarakat dan nelayan. Sehingga, tercipta hubungan yang harmonis antara TNI dan Masyarakat. Sebagaimana motto Bersama Rakyat TNI Kuat," kata Zhurahim, Rabu (1/11)

Dalam materinya, Zhurahim menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran antara lain, kelengkapan dokumen kapal, kesiagaan keselamatan navigasi dan komunikasi, ketepatan prediksi cuaca sebelum pelayaran, ketersediaan peralatan keselamatan diri, serta penyimpanan nomor darurat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut.

"Berbagai persiapan itu kerap disepelekan, padahal ini penting sifatnya. Malah, kalau ada yang kurang, jangan berlayar dulu. Semua persiapan itu mesti tersedia dan pastikan berfungsi dengan baik," katanya lagi.

Bagi para nelayan tradisional, Zhurahim juga mengimbau untuk memersiapkan segala peralatan yang menunjang keselamatan selama di laut, terutama pelampung, bahan bakar cadangan, dan alat komunikasi yang dapat dipakai untuk menguhubungi orang-orang di daratan saat terjadi permasalahan.

"Masyarakat dan nelayan sangat antusias menyambut sosialisasi ini. Kami harapkan dengan kegiatan ini peserta semakin paham pentingnya menjaga keselamatan saat melakukan pelayaran. Karena, laut tidak bisa ditebak, segala kemungkinan bisa terjadi dan berubah secara cepat dan di luar dugaan," tukasnya. (h/isq)

 

 

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]