Jika Gugat Peraturan Bupati ke PTUN

Wabup 50 Kota Salah Alamat


Jumat, 03 November 2017 - 22:42:14 WIB
Wabup 50 Kota Salah Alamat Bupati Limapuluh Kota dan Wakil Bupati Limapuluh Kota

PADANG, HALUAN – Pertikaian antara Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten 50 Kota salah satunya disebabkan alfanya sikap saling pengertian antara keduanya. Selain itu, pengamat hukum menilai, langkah Wabup Ferizal Ridwan yang berencana menggugat peraturan bupati ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sebagai langkah yang keliru.

Pertikaian pasangan kepala daerah Limapuluh Kota terus menggelinding, hingga Wakil Bupati Ferizal Ridwan berencana menggugat Perbup Nomor 31/2016 tentang Perjalanan Dinas dan Luar Daerah Kabupaten Limapuluh Kota ke PTUN, yang dinilai Ferizal telah mengebiri keberadaan dirinya sebagai wakil bupati, sehingga tak sejalan dengan aturan perundang-undangan, seperti UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Terkait upaya hukum seperti itu, Pengamat Hukum Tata Negara dari Fakultas Hukum Universitas Andalas (FH Unand) Khairul Fahmi menyebutkan, peraturan yang dikeluarkan oleh kepala daerah tidak bisa menjadi objek yang bisa diajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). “Objek yang bisa digugat ke PTUN kan harus Beschikking, berupa keputusan yang bersifat individual final. Peraturan Bupati (Perbup) bukan termasuk yang bisa digugat ke PTUN,” ungkap Khairul Fahmi.

Sementara,





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM