STUDI BANDING SISWA TANAH DATAR

Rombongan Kunjungi Sekolah Negeri Sembilan


Senin, 06 November 2017 - 01:12:34 WIB
Rombongan Kunjungi Sekolah Negeri Sembilan TEKEN BUKU -- Wabup bersama Kepala SMK Mambau teken buku program dan buku tamu, Sabtu (4/11). IST

TANAH DATAR, HALUAN -- Studi banding internasional siswa berprestasi dan pendamping Tanah Datar tahun 2017 yang dipimpin Wabup Zuldafri Darma bersama rombongan Kadis Dikbud Abrar mengunjungi Sekolah Kebangsaan Seremban 2B atau Sekolah Kluster Kecemerlangan di Seremban Negeri Sembilan dan dilanjutkan ke SMK Mambau, Seremban Negeri Sembilan, Sabtu (4/11).

Dalam kunjungan ke sekolah setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), wabup beserta rombongan disambut dengan meriah dan ramah. Dari data yang diperoleh, saat kunjungan ke Sekolah Kebangsaan Seremban 2B, Wabup Zuldafri Darma bersama rombongan disambut guru besar atau Kepala Sekolah Hjh Norlinda Bt Ayob bersama jajarannya dan dijamu dengan sarapan serta penampilan seni budaya daerah setempat.

Baca Juga : Ngeri! Pendidikan Jarak Jauh Bikin Siswa Kecanduan Gawai

Hjh Norlinda Bt Ayob dalam penyampaiannya sangat mengapresiasi dan terimakasih terhadap kepercayaan rombongan Tanah Datar memilih sekolah mereka. "Terimakasih atas kunjungannya, semoga hubungan silaturahmi antara kita dan kedua negara bisa terjalin lebih erat lagi, katanya.

Hjh Norlinda Bt Ayob memaparkan berbagai program, prestasi sekolah yang dipimpinnya. Siswa di sekolah ini telah banyak memperoleh prestasi, terutama di bidang olahraga, puisi, nyanyi dan beberapa bidang lainnya, paparnya.

Baca Juga : PT Trakindo Serahkan Modul Ajar & Praktik ke Politeknik Negeri Padang

Dalam kesempatan itu, Wabup Zuldafri menyampaikan ungkapan terimakasih atas sambutan yang diberikan pihak sekolah. Alhamdulillah, sambutan pihak sekolah sangat luar biasa, semoga tali silaturahmi kita semakin erat. Dan memang menurut sejarah, antara Minangkabau terutama Pagaruyung Tanah Datar mempunyai hubungan kerabat dengan Negeri Sembilan, dengan kata lain kita masih ada ikatan darah persaudaraan," ujar wabup.

Lebih lanjut wabup memaparkan, rombongan yang melakukan studi banding sebagai bentuk reward kepada siswa berprestasi. "Reward ini bentuk penghargaan dan motivasi bagi siswa lainnya, sehingga berusaha meraih prestasi akademik maupun non akademik dan akan diikutkan pada studi banding tahun-tahun selanjutnya," tukas Zuldafri Darma.

Baca Juga : Tahun 2021, ITP Buka 1.000 Kuota Mahasiswa Baru

Kekentalan ikatan budaya antara Negeri Sembilan dengan Minangkabau begitu terasa, ketika wabup bersama rombongan berkunjung ke Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Mambau, Seremban Negeri Sembilan. Rombongan disuguhi seni tari dan lagu ayam den lapeh, di samping kesenian dari India dan China.

Kepala SMK di Malaysia disebut Pengetua Cemerlang Tuan Haji Nor Hashim bin Othman. Ketika memberi sambutan, membenarkan bahwa warga atau masyarakat di Negeri Sembilan ada kekerabatan yang kental dengan Minangkabau. "Dibeberapa daerah, masyarakat masih banyak memakai adat dan bahasa Minang, juga di Mambau Seremban Negeri Sembilan ini, ujarnya.

Baca Juga : Politeknik ATI Padang Gelar Webinar Eksistensi Logistik di Masa Pandemi

Nor Hashim memaparkan, di SMK Mambau merupakan sekolah setingkat SLTA yang mempunyai berbagai suku dan ras. Siswa di sini berbagai macam suku, ada Melayu, India dan Cina. Dan di Malaysia seluruh biaya pendidikan dari terbawah sampai SMA gratis tanpa biaya dan pada perguruan tinggi setengah biaya ditanggung pemerintah," ujarnya.

Ditambahkannya, di SMK Mambau mempunyai ruang Pusat Kegiatan Guru (PKG). "Nanti kita ajak wabup dan rombongan untuk melihat ruangan PKG dan stan pameran hasil produksi anak-anak kami, sehingga bisa jadi motivasi tersendiri. PKG SMK Mambau mewadahi 42 sekolah, tambah Nor Hashim. (h/mg-rul)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]