Bupati Pasaman Wajibkan ASN Salat Berjamaah


Selasa, 07 November 2017 - 13:54:35 WIB
Bupati Pasaman Wajibkan ASN Salat Berjamaah Bupati Pasaman, Yusuf Lubis (Netralnews)

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) gelar salat berjamaah, khususnya pada waktu salat zuhur dan ashar.

Setidaknya, hal itu tertuang dalam surat Bupati nomor 451/4157/Kesra-2017, tertanggal 2 November 2017 tentang imbauan salat berjamaah dengan tujuan, mewujudkan visi misi Pemkab Pasaman, terutama untuk menciptakan masyarakat Pasaman yang agamis.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, himbauan salat berjamaah itu dikalangan ASN dalam rangka mewujudkan visi misi pemerintah setempat, yakni terwujudnya masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

"Jadi, yang kami imbau itu adalah para pejabat, mulai dari Staf Ahli, Asisten, Kepala SOPD, para Kabag, kepala instasi vertikal, camat hingga walinagari," kata Yusuf Lubis, Senin (6/11).

Imbauan itu, kata bupati, juga berlaku untuk seluruh ASN dilingkup pemerintahan kabupaten itu. Mereka, kata dia, diminta melaksanakan salat berjamaah terutama pada waktu salat zuhur dan Ashar.

"Salat berjamaah dilaksanakan di masjid, mushala atau surau terdekat dari kantor tempat mereka bekerja. Khususnya, bagi kantornya yang berdekatan dengan Masjid Agung Al Mutaqin, kami imbau agar bersama-sama melaksanakan shalat berjamaah di masjid itu," ujarnya.

Bupati pun mengingatkan, para ASN agar berhenti begitu adzan shalat berkumandang. Dan, kegiatan itu dapat dilanjutkan kembali setelah salat ditunaikan.

"Kami juga meminta, apabila suara adzan telah berkumandang, setiap kegiatan yang dilaksanakan supaya dapat dihentikan dan kegiatan dilanjutkan kembali setelah selesai melaksanakan salat," katanya.

Ia meminta, agar ASN dan seluruh jajarannya memanfaatkan waktu dengan baik-baiknya, melaksanakan tugas sesuai tugas, pokok dan fungsinya serta mengutamakan shalat berjamaah.

"Mari manfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing dan mengutamakan salat berjamaah di masjid atau musala terdekat," pintanya.

Untuk menunjang gerakan shalat berjamaah itu, semua pihak diharapkan meningkatkan fasilitas dan rehabilitasi serta menjaga kebersihan tempat ibadah di lingkungan kantor tempat kerja masing-masing.

Kebijakan Bupati Pasaman ini mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman, Habibullah, yang mengapresiasi seruan tersebut.

Habibullah, menilai upaya ini adalah contoh yang baik dari seorang pemimpin yang menjadi teladan masyarakat.

“Saya mengapresiasi, dan MUI sangat mendukung. Ini ajaran Islam yang sangat prinsip dan Pemerintah Kabupaten Pasaman, sudah selangkah lebih maju," kata Habibullah, Senin (6/11).

Lanjut Habibullah, kebijakan Bupati Pasaman ini juga menjadi contoh yang baik, khususnya ini, untuk kepentingan umat Islam itu sendiri.

"Ini jadi contoh yang baik bagi masyarakat. Pemimpin yang baik itu memberi contoh dan teladan," pungkas Habibullah. (h/mg-yud)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM